Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS mengatakan kehadiran Pertamina Shop (Pertashop) di Kabupaten Aceh Barat, diharapkan mampu menjadi penguatan ekonomi masyarakat pedesaan sekaligus mampu menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Ada pun tiga Pertashop perdana yang hadir di Aceh Barat sebagai Badan Usaha Milik Desa (Gampong) tersebut masing-masing Desa Lhok Guci, Desa Suak Awee, serta Desa Berdikari, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat.

"Terimakasih kepada Pertamina, sudah membuka diri untuk melayani masyarakat desa, hari ini terbukti dengan hadirnya Pertashop di Kecamatan Pante Ceureumen, semoga ini dapat membangkitkan ekonomi masyarakat gampong (desa)," kata Ramli MS saat meresmikan Pertashop di Desa Lhok Guci, Kecamatan Pante Ceureumen, Aceh Barat, Selasa.

Bupati Aceh Barat Ramli MS juga menyampaikan rasa syukurnya bahwa visi misi dirinya selaku Bupati yang menginginkan pembangunan dimulai dari desa ke kota, sudah sangat sinkron dengan program Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan PT Pertamina.

Dikatakannya bahwa saat ini Pemkab Aceh Barat telah menjalankan Program  pemberian modal usaha kepada masyarakat Rp.15 juta per KK per tahun dari dana BUMG.

"Untuk itu jangan takut untuk memberikan bantuan modal usaha kepada masyarakat melalui BUMG, yang penting terus dibimbing dan berkoordinasi dengan dinas terkait apa yang bisa dan mampu dikembangkan oleh masyarakat desa di masing-masing daerah," kata Ramli MS.

Ia juga mengatakan, jika ada program-program inovasi Gampong, harus adanya koordinasi dengan camat dan dinas-dinas terkait sehingga memberikan masukan yang jelas dan tepat sasaran.

Bupati Ramli juga menyampaikan dirinya sangat berharap adanya pengelolaan usaha yang jujur di gampong-gampong, karena kejujuran adalah hal yang paling penting untuk meraih kesuksesan.

Selain itu ia juga mengatakan, perlu dilakukan studi banding antar gampong terkait usaha seperti mini market dan usaha-usaha lainnya yang bisa dijalankan oleh BUMG.

"Harapan kita ini dapat membangkitkan ekonomi masyarakat gampong, ini merupakan contoh yg luar biasa atas kesepakatan antar gampong" katanya.

Bupati Aceh Barat juga berharap, kehadiran Pertashop sebagai Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) bersama seperti di Kecamatan Pante Ceureumen tersebut, agar dapat hadir di 12 kecamatan lainnya di Aceh Barat.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020