Pemerintah Kota Sabang menyambut kedatangan Kapal Republik Indonesia (KRI) Bima Suci serta kunjungan Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) ke Kota Sabang di Dermaga Lanal Sabang, Sabtu, kemarin.

Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus mengatakan kedatangan kapal tersebut ke pulau paling barat Indonesia dalam rangka taruna dan taruni akademi Angkatan Laut yang akan mengikuti latihan pendidikan militer TNI AL di Kota Sabang. 

"Selamat datang para taruna dan taruni besera seluruh kru KRI Bima Suci di Kota Sabang, semoga nantinya diberikan kelancaran dalam segala rangkaian kegiatan latihan pendidikan militer di Kota Sabang," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Banda Aceh, Minggu.

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan mengatakan kunjungan KRI Bima Suci merupakan rangkaian latihan praktek lapangan Kartika Jala Krida bagi taruna dan taruni akademi AL di kapal sebelum kelulusan menjadi perwira TNI AL.

"Kehadiran para adik-adik taruna akademi angkatan laut yang sedang menempuh pendidikan militer angkatan laut di Sabang, merupakan rangkaian kegiatan latihan bersama kapal latih KRI Bima Suci," katanya.

Menurut dia, pada dasarnya dalam kegiatan ini KRI Bima Suci singgah di berbagai pelabuhan baik dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka diplomasi AL serta promosi budaya Indonesia.

"Namun karena kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini KRI Bima Suci hanya singgah di pelabuhan-pelabuhan dalam negeri saja," katanya lagi.

Ia menyebutkan KRI Bima Suci mengangkut 11 orang perwira, enam bintara dan satu orang pegawai negeri sipil serta 102 taruna dan 10 orang taruni daribkorps pelaut, korps teknik, korps elektronika dan korps taruna suplai.

Kunjungan ini akan berlangsung selama empat hari mendatang yakni mulai 17-20 Oktober 2020, dengan diisi berbagai kegiatan, salah satunya mengunjungi Mako Lanal Sabang dan menggelar atraksi kesenian seperti Display Drumband Genderang Suling AAL.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020