Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh mengingatkan warga kota agar segera menghubungi nomor telepon darurat 0652-113, jika terjadi kebakaran di wilayah ibu kota Provinsi Aceh.

Kepala DKPP Kota Banda Aceh, Rizha di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran pada rumah Sartini (79), di Jalan Pattimura, Gampong Blower, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (20/10).

"Petugas piket bergerak cepat, dan mengerahkan armada satu unit pemadam kebakaran. Tiba di lokasi 5 menit setelah menerima laporan pada pukul 12.20 WIB," katanya.

Ia melanjutkan, sekitar lima menit kemudian api berhasil dijinakkan di lokasi, dan selanjutnya di lakukan upaya pendinginan.

Dari informasi warga setempat didapat, kata dia, bahwa anak dari pemilik rumah Sartini bahwa sedang melakukan pembakaran sampah di perkarangan rumah. 

"Namun tanpa disadari api menjalar ke kandang ayam, sehingga mereka terutama keluarga di rumah itu membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya, dan juga menghubungi pihak pemadam kebakaran," terang dia.

Ia mengaku, ketika proses pemadaman kandang ayam ini turut juga dibantu personel polisi dari Polsek Baiturrahman, dan Koramil setempat dalam pengamanan di lokasi kejadian.

"Setelah kondisi aman terkendali, armada kembali ke posnya pukul 12.45 WIB," tuturnya. 

"Tidak ada korban jiwa di peristiwa ini. Penyebab kebakaran, karena pembakaran sampah yang tidak diawasi," ungkap Rizha.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020