Lhokseumawe, 28/9 (Antaraaceh) - Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya mempertegas bahwa pendidikan agama harus menjadi salah satu prioritas pendidikan di daerah itu sebagai peningkatan akhlakulkarimah bagi generasi penerus.
Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Lhokseumawe saat pelantikan pengurus Himpunan Ulama Dayah (HUDA) Kota Lhokseumawe, yang berlangsung di Islamic Centre Lhokseumawe, Sabtu malam.
Tambahnya, pihaknya mendukung sepenuhnya terhadap berbagai program pendidikan agama di Kota Lhokseumawe. Bahkan, untuk pendidikan agama khusus di dayah-dayah, pihaknya mengalokasikan dana khusus yang berasal dari dana otonomi khusus.
Bahkan pula, melalui Badan Baitul Mal Kota Lhokseumawe, pihaknya mengalokasikan juga dana bea siswa khusus untuk santri yang berasal dari Kota Lhokseumawe dan sedang belajar di dayah (pesantren), seperti untuk kebutuhan kitab-kitab dan lain sebagainya.
Suaidi juga mengatakan, bahwa untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pendidikan agama di dayah-dayah yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe. Pemko Lhokseumawe menghibahkan kendaraan roda empat kepada dayah agar dapat menunjang kegiatan operasionalnya.
Selain daripada penguatan agama melalui pendidikan di dayah. Pihaknya juga akan memberlakukan pengajian-pengajian disemua instansi pemerintah, BUMN dan juga swasta secara kontinyu setiap minggunya. Sedangkan biaya pelaksanaan majelis taklim diperkantoran tersebut, akan dibiyayai oleh Pemko Lhokseumawe, ujar Suaidi Yahya.
Yang menjadi alasan kuat Suaidi Yahya, memperkuat basis pendidikan keagamaan di Kota Lhokseumawe adalah karena pendidikan agama merupakan salah satu benteng dalam mempertahankan nilai-nilai keislaman dan budaya ke Acehan serta moral masyarakat. Selain dari itu, yang sangat penting diingat, bahwa pendidikan merupakan investasi masa depan yang sangat berharga bagi bangsa dan negara.
Terkait dengan tekad Wali Kota Lhokseumawe dalam menjadikan pendidikan agama sebagai prioritas utama dalam pembangunan. Anggota DPRK Lhokseumawe H.Taslim A.Rani, akan mendukung langkah-langkah dan upaya Wali Kota Lhokseumawe untuk meningkatkan mutu pendidikan agama di Kota Lhokseumawe. Serta akan menyetujui berbagai kebijakan tersebut dalam proses pelaksanaannya.
Sementara pada prosesi pelantikan kepengurusan HUDA Kota Lhokseumawe periode 2014-2019, Ketua Umum Tgk H Zulkarnaini Juned, Sekretaris Tgk Fakhrurazi dan Bendahara Tgk Hamdani Daud. Sedangkan prosesi pelantikannya dilakukan oleh Ketua HUDA Aceh Tgk Syeh Hasanoel Basri atau yang dikenal dengan Abu Mudi.

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014