PT PNM cabang Aceh menghadirkan pelaku usaha sukses salah satunya Taufik Kupi dalam upaya menyemangati nasabah yang masuk dalam klasterisasi warung kopi.

“Alhamdulillah pelatihan klasterisasi sektoral warung kopi untuk nasabah binaan PNM telah berlangsung selama tiga sesi secara virtual dengan menghadirkan nara sumber kompeten dalam bisnis kopi, termasuk pelaku bisnis warung kopi sukses Taufik Kopi,” kata Pimpinan Cabang PNM Cabang Aceh, Muhammad Wazir di Banda Aceh, Sabtu.

Di sela-sela pengukuhan Klasterisasi warung kopi tersebut, ia menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian untuk meningkatkan semangat pelaku usaha untuk terus eksis dan maju serta bangkit di tengah wabah COVID-19.

Muhammad wazir menyebutkan untuk 
sesi pertama diisi Rahmad Hidayat pemilik ramrover coffee dengan materi dasar mengenai pengenalan kopi, karakternya, dan proses dari hulu ke hilir. 

Sesi tersebut juga difokuskan pada pengembangan produk variasi kopi dan menu-menu inovatif yang nantinya dapat bermanfaat bagi usaha kuliner yang sedang dijalankan.


Selanjutnya untuk sesi kedua dengan materi pengembangan bisnis seperti branding dan strategi pemasaran bisnis warung kopi.

Dalam sesi tersebut, pihaknya menghadirkan Danurfan (pemilik Leuser Coffee yang juga Ketua Komunitas edukasi kopi Aceh Gayo Manual Brewing membahas pada penentuan target pasar, pelayanan dan pengembangan SDM, serta menu-menu andalan yang akan disuguhkan. 

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas branding menjadi salah satu item yang penting dari sebuah usaha. 


Ia menambahkan pada sesi ketiga yang turut dirangkai dengan pengukuhan Klasterisasi Sektoral warung kopi bertemakan
Bincang – Bincang Kopi – Bisnis warung kopi Tidak pernah sepi.

Dalam kesempatan yang diikuti 44 nasabah tersebut, mereka mendapat kesempatan untuk bertanya kepada Taufik Kupi baik pengalaman dan juga tips dalam mempertahankan bisnis warung kopi dari masa ke masa.

“Kami berharap melalui pelatihan ini akan meningkatkan semangat dan juga pengembangan usaha warung kopi binaan PNM,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020