Majelis Pendidikan Aceh (MPA) menggelar rapat koordinasi antar pemangku kepentingan pendidikan seluruh Aceh dalam upaya dalam meningkatkan sinergi.

“Rapat koordinasi direncanakan berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu 12 Desember 2020,” kata Ketua Panitia, Muslem Yacob, di Banda Aceh, Jumat malam.

Muslem yang juga Kabag Program Sekretariat MPA menjelaskan tempat penyelenggaraan kegiatan di  Banda Aceh sesuai pertimbangan ketersediaan dana, efisiensi, dan efektivitas kegiatan.

Ketua MPA Prof Dr Ir Abdi Wahab, MSc, mengatakan dalam struktur perencanaan pembangunan nasional  pendidikan merupakan fungsi yang mempunyai banyak dimensi dan berkaitan dengan bidang-bidang lain, di samping sebagai urusan kongkuren yang ditangani bersama oleh Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. 


“Keberhasilan MPA dalam menjalankan peran dan fungsinya sangat  tergantung pada dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak,” katanya.

Pihaknya mengajak semua pemangku kepentingan terkait  khususnya Dinas Pendidikan Aceh, Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kanwil Kemenag Aceh, MPD Kabupaten/Kota untuk memikirkan penyusunan, implementasi, dan evaluasi kebijakan pembangunan pendidikan Aceh.  

Ia berharap melalui rapat koordinasi tersebut dapat terwujudnya sinkronisasi dan harmonisasi  langkah  dalam  rangka  membangun  pendidikan  Aceh  yang lebih bermutu dan terjangkau.

Plt Kepala Sekretariat MPA, Dr EMK Alidar menyatakan rapat koordinasi tersebut bertujuan, menegaskan dan menyosialisasikan kembali peran dan fungsi MPA kepada para pemangku kepentingan pendidikan di Aceh. 

“Kegiatan ini untuk memberikan  informasi  tentang  perkembangan  pendidikan  di  Aceh, isu-isu serta tantangan  yang  dihadapi  oleh  pemerintah  daerah dan  masyarakat  di  Aceh  dalam meningkatkan mutu Pendidikan,” katanya.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020