Bireuen 23/10 (Antaraaceh) – Panitia lomba menulis Bireuen di blog merilis pemenang, Kamis. Lomba digelar dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke 15 Kabupaten Bireuen (12 Oktober 1999 - 12 Oktober 2014) dan dua tahun kepemimpinan H Ruslan M Daud-Mukhar Abda (HarusMuda) 8 Agustus 2012 - 8 Agustus 2014.

Pemenang pertama Khairil Miswar dengan judul tulisan “Bireuen Dalam Revolusi Kemerdekaan RI (1945-1949)”. Khairil Miswar seorang PNS yang aktif menulis opini dan artikel yang dimuat di berbagai media lokal dan nasional.

Pemenang kedua Murdeli, judul tulisan “Ketika Pedang Teungku Menghadang Senapan Marsose”.
Murdeli adalah wartawan dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Bireuen. Pemenang ketiga Fardelyn Hacky dengan judul tulisan “Optimalisasi Dayah, Menuju Bireuen Kota Santri 2015”.

Ketua Dewan Juri Lomba Menulis Bireuen di Blog, Ariadi B Jangka mengatakan hingga ditutupnya pendaftaran blog link tulisan peserta pada 15 Oktober 2014, panitia menerima 115 blog link tulisan tentang Bireuen.

Panitia menetapkan tiga tema yaitu Bireuen sebagai ibukota RI ketiga, situs peninggalan masa penjajahan Belanda dan Jepang di Bireuen dan Bireuen sebagai kabupaten 1001 dayah.

“Dari 115 terseleksi 26 blog link peserta yang tulisannya memenuhi kriteria lomba untuk dilakukan penilaian, panitia berterima kasih kepada peserta yang sudah mempromosikan Bireuen di Blog masing-masing,” katanya.

Adapun aspek yang dinilai adalah aspek isi, meliputi relevansi dengan topik, orisinalitas, inovasi, dan manfaat bagi perkembangan Kabupaten Bireuen ke depan dan aspek penyajian meliputi estetika penulisan dan gaya bahasa.

Kepada pemenang diberikan apresiasi untuk juara 1 uang tunai Rp3 juta, juara 2 uang tunai Rp2 juta dan juara 3 uang tunai Rp1 juta dan piagam penghargaan. Hadiah diserahkan pada malam puncak HUT ke 15 Kabupaten Bireuen Sabtu 25 Oktober 2014.

Panpel HUT ke 15 Kabupaten Bireuen juga menggelar lomba foto tentang Bireuen. Lomba gerak jalan indah antar sekolah, sepakbola eksekutif U-40, festival tarian tradisional dan sejumlah lomba lainnya serta kegiatan pameran, pasar rakyat, pementasan seni, donor darah massal, karnaval dan kegiatan lainnya untuk semarakkan hari jadi kabupaten itu.

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014