Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah mulai melirik pengembangan agrowisata taman bunga dan kebun sayur untuk dijadikan daya tarik wisata baru di daerah itu.

Ketua TP-PKK Aceh Tengah Puan Ratna di Takengon, Sabtu, mengatakan sektor agrowisata tersebut berpotensi  dikembangkan di kawasan Bur Arul Item, Kampung Suka Damai, Kecamatan Pegasing.

"Lokasi di Kampung Suka Damai ini berpotensi besar untuk dijadikan objek wisata baru kekinian. Masyarakat nantinya punya pilihan destinasi wisata yang dibangun dari kegiatan dan binaan langsung Tim Penggerak PKK," kata Puan Ratna.

Puan Ratna meyakini pengembangan agrowisata tersebut nantinya mampu memberikan multiefek ekonomi bagi masyarakat setempat serta mampu menopang pembangunan di desa tersebut.

Menurutnya kawasan pegunungan Bur Arul Item di Kampung Suka Damai memiliki keindahan panorama alam tersendiri. Apalagi jika dipadukan dengan agrowisata taman bunga dan kebun sayur.

"Selain dapat menikmati keindahan alam, wisatawan nanti juga dapat melakukan aktivitas berkebun, seperti menanam bunga dan sayur, bahkan sampai memanennya," tutur Puan Ratna.

"Nanti kita akan budi dayakan berbagai jenis tanaman hias, seperti bunga anggrek, krisan, dahlia dan juga mawar. Untuk bunga mawar sendiri pemasarannya luas, meliputi bunga potong, untuk pot, untuk taman, air mawar, parfum, herbal, dan produk-produk kosmetik beraroma mawar, serta sebagai bunga tabur," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, rencana pengembangan lokasi agrowisata tersebut nantinya juga akan didukung dengan fasilitas yang memadai seperti pembangunan homestay.

Selain taman bunga dan kebun sayur, kata Puan Ratna, rencananya juga dikembangkan sektor perikanan dan peternakan di lokasi tersebut dengan total luas lahan dua hektare.

"Kami akan kembang konsep agrowisata edukasi pertanian yang berkelas. Nantinya, orang tua dapat mengajarkan kepada anak-anak tentang bagaimana cara berkebun, menanam, memetik hasilnya, sambil menikmati pemandangan yang bagus dan nyaman," kata Puan Ratna.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021