Polres Aceh Barat memastikan perayaan tahun baru Imlek 2572 atau tahun 2021 masehi di Kabupaten Aceh Barat Provinsi Aceh berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun, ditengah pandemi COVID-19.

“Sejauh ini perayaan tahun baru Imlek di Aceh Barat hanya dilaksanakan di rumah ibadah saja, tidak ada perayaan secara khusus,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda SIK diwakili Kabag Operasi Kompol Ikmal di Meulaboh, Sabtu.

Ia menjelaskan, meski berlangsung ditengah pandemi COVID-19, namun pelaksanaan ibadah perayaan tahun baru China tersebut berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, jumlah warga non muslim yang melaksanakan perayaan tahun baru tersebut mengalami penurunan dari tahun 2020 lalu.

“Memang agak sepi karena mungkin disebabkan faktor pandemi,” kata Ikmal menambahkan.

Pihak kepolisian juga melakukan pengamanan di beberapa tempat ibadah berlangsungnya Imlek di Meulaboh, dengan menempatkan personel di lokasi kegiatan.

Tidak hanya itu, polisi juga melakukan patroli rutin guna memberikan rasa aman kepada masyarakat yang beribadah, termasuk memberikan rasa aman kepada umat muslim di Aceh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sejauh ini kondisi keamanan di Aceh termasuk di Aceh Barat sangat kondusif, masyarakat Aceh juga sangat menghormati warga non muslim yang merayakan tahun baru Imlek pada tahun ini,” kata Kompol Ikmal menegaskan. 
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021