Bea Cukai Lhokseumawe, Aceh, menggagalkan upaya penyelundupan bawang merah impor di perairan Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara.

Humas Kantor Bea Cukai Kota Lhokseumawe Sulaiman di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan penindakan penyelundupan tersebut dilakukan Senin (8/3) dini hari bersama Denpom IM/1.

"Ada upaya penyelundupan bawang dari luar negeri 
perairan Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara. Tim Bea Cukai bersama Denpom menggagalkan penyeludupan bawang merah tersebut," kata Sulaiman.

Dalam penindakan penyelundupan tersebut, tim gabungan Bea Cukai dan Denpom mengamankan dua unit truk, satu unit mobil pikap, dan satu unit kapal motor KM Fortuner GT 45 nomor 385/QQM yang diduga sebagai pengangkut bawang merah impor ilegal.

Sulaiman menyebutkan tim Bea Cukai masih berkoordinasi dengan Denpom IM/1 terkait pendataan jumlah barang dari penindakan penyelundupan maupun jenisnya. 

"Kami lengkapi terlebih dahulu data jumlah barang bukti dari penindakan penyelundupan tersebut. 
Nanti setelah lengkap, akan diinformasikan ke media," kata Sulaiman menyebutkan.

Sementara itu, informasi yang dihimpun menyebutkan penindakan penyelundupan bawang merah tersebut berawal dari laporan masyarakat bahwa ada bongkar barang dari negara Thailand di sebuah kapal motor di perairan Kuala Cangkoi, Aceh Utara.

Dari laporan masyarakat, tim Bea Cukai menyelidikinya. Dan ternyata benar ada aktivitas bongkar muatan kapal motor berupa bawang merah sekira pukul 05.00 WIB.

Kemudian, tim Bea Cukai berkoordinasi dengan Denpom IM/1 dan  kepolisian. Tim gabungan kembali menuju ke lokasi bongkar muatan sekira pukul 08.00. Namun, petugas tidak melihat lagi kegiatan bongkar muat.

Tim gabungan menyisir di sekitar lokasi dan menemukan tiga unit mobil dan satu unit kapal boat yang telah ditinggal oleh pemiliknya. Saat diperiksa, ditemukan bawang merah.

Saat ini barang bukti bawang merah ilegal sudah dibawa ke Kantor Bea Cukai Lhokseumawe dan direncanakan akan dibawa ke Pelabuhan Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021