Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh bersama Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe meresmikan Gampong Mon Geudong sebagai desa bersinar, tangguh, mandiri dan berakhlak mulia.

Peresmian dilakukan Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol Heru Pranoto didampingi Kepala Kantor BI Perwakilan Lhokseumawe Yukon Afrinaldo berlangsung di Lhokseumawe, Senin

Peresmian turut dihadiri Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Komandan Korem 011/Lilawangsa Kol Inf S Baskoro, Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Oke Kistiyanto, serta unusr pimpinan daerah lainnya.

Peresmian Gampong Mon Geudong Bersinar, Tangguh, Mandiri, dan Berakhlak Mulia ditandai dengan pemberian bantuan bibit lele sistem bioflok sebanyak 20 kolam. 

"Totalnya kami berikan 60 ribu benih ikan lele kepada pemuda Mon Geudong," ucap Kepala Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe Yukon Afrinaldo.

Dia berharap dengan ada pemberdayaan ekonomi ini maka akan mengurangi penyalahgunaan narkotika di Gampong Mon Geudong. Sebab, secara perlahan akan mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat. 

Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Heru Pranoto menyampaikan penghargaan kepada Kepala BI Kantor Perwakilan Lhokseumawe atas kepercayaan membangun kerja sama dalam pembinaan kawasan rawan. 

"Ini satu-satunya BNNP yang menggandeng BI dalam pembinaan kawasan rawan di Indonesia," ucapnya.

Dia berharap aksi ini dapat diikuti oleh seluruh wilayah lainnya dalam rangka pembinaan kawasan rawan. Dengan pemberdayaan ekonomi ini diharapkan secara perlahan akan memulihkan kondisi kerawanan di suatu kawasan. 

"Ini jadi proyek nasional, sehingga harapannya program kolaboratif ini bisa diikuti yang lain," pungkas Brigjen Pol Heru Pranoto.

Selain meresmikan gampong bersinar, tangguh, mandiri dan berakhlak mulia, BNNP Aceh juga memberikan pembekalan ketrampilan kepada remaja putri Mon Geudong berupa pembuatan tas tangan. Para peserta mendapatkan bantuan mesin jahit, dan perlengkapan bahan pembuatan tas.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara BNNP Aceh, Kantor Perwakilan BI Lhokseumawe, dan Pemko Lhokseumawe. Serta penandatanganan komitmen bersama seluruh pemangku kebijakan untuk menyukseskan pemberdayaan Gampong Mon Geudong. 
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021