Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin akan berkomunikasi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terkait pengembangan wisata alam di Kabupaten Aceh Selatan yang dinilai berpotensi untuk dikembangkan. 

"Potensi alam Aceh Selatan itu sangat besar, lautnya indah, berhadapan dengan Samudera Hindia. Jika ini dikembangkan, tentu akan mendongkrak ekonomi masyarakat. Saya akan berkomunikasi dengan pak Sandiaga Uno," kata Safaruddin di Banda Aceh, Selasa. 

Safaruddin menyampaikan Aceh Selatan memiliki potensi wisata alam yang besar yang dapat dikembangkan guna meningkatkan perekonomian dan menghidupkan usaha kecil masyarakat, termasuk industri rumah tangga.

Dirinya juga mendorong para kader-kader Gerindra Aceh Selatan yang telah diberikan amanah sebagai wakil rakyat (DPRK) untuk mendorong pemerintah setempat menyusun rencana pengembangan wisata di sana. 

"Untuk melakukan hal besar, tentu perlu upaya yang besar. Ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, perlu sinergitas antara beberapa pihak dalam memperjuangkan wisata ini nantinya," ujarnya.

Selain mendorong pengembangan wisata, Safaruddin berjanji juga mengupayakan sejumlah program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), semua itu bakal diperjuangkan melalui pokok pikiran (Pokir) DPRA untuk kemudian dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2022.

"Bukan hanya fisik yang kita kejar dalam membangun Aceh, tapi pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM perlu dilakukan. Saya tidak berpaku pada infrastruktur, tapi juga menghidupkan sektor usaha masyarakat (UMKM)," kata politikus Gerindra ini.

Safaruddin menegaskan, upaya yang dilakukan dirinya dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat itu bertujuan sebagai usaha membantu pemerintah dalam mengatasi kemiskinan di Aceh.

"Walaupun tidak selesai seluruhnya, namun setidaknya ada upaya pembenahan yang kita lakukan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat Aceh," kata Safaruddin.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021