Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar bersama jajarannya mengikuti peringatan hari Otonomi Daerah (OTDA) ke XXV tahun 2021 secara virtual dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, pada Senin (26/4).

Bupati mengatakan Wapres RI mengingatkan pemerintah daerah terkait semangat kerja dan gotong royong di masa pandemi COVID-19, serta tentang kebangkitan ekonomi daerah dan Indonesia maju.

"Peringatan hari Otonomi Daerah saat ini merupakan momentum yang tepat bagi segenap anak bangsa untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah di masa yang akan datang," kata Shabela, mengulang amanat dari Wapres RI.

Menurut dia Wapres juga menyampaikan bahwa secara filosofis kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dengan memindahkan lokus pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah, disertai pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri.

"Penyelenggaraan OTDA juga bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna mendekatkan layanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarkat,” katanya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021