Wakil Ketua Komisi-3 DPR Aceh Zaenal Abidin mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh agar terus membantu meringankan beban rakyat Palestina dengan cara mengumpulkan donasi dan bantuan guna disalurkan melalui lembaga kemanusiaan. 

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh agar terus membantu rakyat Palestina, agar umat muslim di negara itu selalu berada dalam lindungan Allah SWT,” kata Zaenal Abidin dalam keterangan tertulis diterima ANTARA, Kamis (20/5).

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Aceh ini juga mengajak kaum muslimin di Provinsi Aceh untuk mendoakan keselamatan rakyat Palestina dan membaca Qunut Nazilah di setiap shalat fardhu.

Tentunya, kata dia, dengan harapan semoga Allah SWT meringankan derita rakyat Palestina dan memberi keberkahan dan keselamatan untuk bumi Al Aqsa. 

"Masjid Al Aqsa adalah tempat suci umat Islam. Insya Allah rahmat Allah akan selalu tercurahkan untuk tempat itu,” kata Zaenal. 

Selain itu, ia juga menyerukan semua pihak untuk menghormati, menjaga dan melindungi Masjid Al Aqsha serta memberikan akses bagi umat muslim untuk bisa beribadah di dalamnya, sebagaimana telah diatur dalam hukum internasional. Karena Mesjid Al Aqsa adalah situs suci umat Islam yang saat ini berada dibawah pengawasan UNESCO, kata Zaenal Abdin menambahkan.

Di sisi lain, ia juga mengapresiasi sikap Pemerintah Aceh yang menurutnya punya kepedulian terhadap nasib dan penderitaan rakyat Palestina. 

Hal itu dibuktikan dengan penyaluran sumbangan sebesar 347 Juta Rupiah untuk rakyat Palestina yang merupakan hasil penggalangan dalam beberapa hari di lingkungan ASN Pemerintahan Aceh baru-baru ini. 

Penggalangan dana itu sendiri merupakan anjuran dari Gubernur Aceh, Nova Iriansyah agar ASN di lingkungan Pemerintah Aceh dapat menggalang dana untuk membantu rakyat Palestina. 

Ia juga mengapresiasi beberapa Bupati/Walikota yang selama ini pro aktif menyalurkan bantuan dan menganjurkan warganya untuk membaca Qunut Nazilah. 

"Begitu juga dengan beberapa Bupati/Walikota yang saya dengar juga sudah pernah menggalang dana dan menerbitkan perintah untuk membaca Qunut Nazilah di daerahnya masing-masing,” tuturnya.

Ia juga optimis Palestina akan selalu ada di hati rakyat Aceh, karena saat musibah gempa bumi dan gelombang tsunami 2004 lalu, rakyat Palestina juga mengirimkan bantuan untuk rakyat Aceh sebagai korban tsunami.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021