Tim Asistensi Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menyerahkan bantuan alat pemeriksaan COVID-19 berupa tes usap antigen untuk pos penyekatan perbatasan Aceh - Sumatera Utara di Jembatan Timbangan Jontor, Kota Subulussalam.
 
Kapolres Subulussalam, AKBP Qori Wicaksono, di Subulussalam, Jumat, mengatakan alat usap antigen itu diserahkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Pol Margianta dan Direktur Samapta Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munawar beserta rombongan tim asistensi.
 
"Bantuan alat usap antigen diserahkan di sela-sela kunjungan dan pengecekan tim asistensi Polda Aceh ke posko penyekatan perbatasan," kata AKBP Qori Wicaksono.
 
AKBP Qori Wicaksono menyebutkan bantuan alat usap antigen yang diserahkan sebanyak 45 unit. Alat tersebut diperuntukkan bagi pengendara yang akan melintas, namun tidak membawa surat bebas COVID-19.
 
Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas posko penyekatan perbatasan, masih banyak dijumpai pengendara maupun penumpang yang melintas yang tidak membawa atau menunjukkan surat kesehatan bebas COVID-19.
 
Bagi pengendara yang tidak dapat menunjukkan surat bebas COVID-19 diwajibkan menjalani pemeriksaan usap antigen yang dilakukan secara cuma-cuma. Pemeriksaan usap antigen dilakukan secara acak, mengingat keterbatasan alat yang tersedia. 
 
"Kami perintahkan tes usap. Kalau tidak mau disuruh putar balik. Selama kami masih ada stok alat tes usap, kami layani. Tadi malam, juga ada sekitar lima orang yang kami bantu. Tanpa biaya, gratis," sebut AKBP Qori Wicaksono.
 
Selain itu, kata AKBP Qori Wicaksono, tim asistensi Polda Aceh dalam kunjungan tersebut juga mengecek secara langsung kesiapan serta memberikan arahan kepada personel pengamanan posko penyekatan perbatasan terkait tugas pengamanan arus balik mudik Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.
 
"Tim asistensi juga memberikan dukungan logistik berupa vitamin, makanan dan minuman ringan, extra fooding, kepada seluruh anggota yang bertugas di pos pemeriksaan Jontor," pungkas Kapolres.
 

Pewarta: Fakhrul Razi Anwir

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021