Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang melalui Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan menggalakkan pemakaian pupuk organik kepada kalang petani karena mampu meningkatkan produktivitas hasil tani seperti padi.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang Yunus di Aceh Tamiang, Jumat, mengatakan berdasarkan hasil pengujian, terjadi peningkatan produksi mencapai 1,3 ton padi per hektare dengan menggunakan pupuk organik.

"Kami sudah menguji penggunaan pupuk organik di lahan sawah seluas 30 hektare di sejumlah kecamatan di Aceh Tamiang. Hasil, ada peningkatan produksi sekitar 1,3 ton per hektare," kata Yunus.

Yunus mengatakan produktivitas petani di Aceh Tamiang biasanya sekitar 5,5 ton padi per hektare. Namun, ketika menggunakan pupuk organik, produksi padi per hektare mencapai 6,8 ton.

Oleh karena itu, kata Yunus, pihaknya terus menggalakkan petani menggunakan pupuk organik ketimbang pupuk kimia. Selain produktivitas meningkatkan, penggunaan pupuk organik juga mampu menekan biaya produksi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal pupuk organik mencakup pupuk cair dan pestisida nabati mesti dilakukan secara penuh sejak pembibitan hingga padi berbuah tidak lagi menggunakan pupuk dan pestisida kimia, kata Yunus.

"Kami berharap dengan menggunakan pupuk organik lahan persawahan di Aceh Tamiang makin subur, dan untuk pelestarian lingkungan. Di samping itu, petani bisa meningkatkan produksi dan menghasilkan beras yang menyehatkan," kata Yunus.
 

Pewarta: Dede Harison

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021