Ratusan tenaga pendidik meliputi kepala sekolah, guru, pengawas sekolah tingkat TK, SD dan SMP mengikuti seleksi guru tenaga kependidikan (GTK) berprestasi tahun 2021. Kegiatan mencari bakat ini juga diikuti tenaga pustaka, tata usaha berprestasi dan guru berdedikasi daerah terpencil se Kabupten Aceh Tamiang.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang Adi Darma di Aceh Tamiang, Kamis, mengatakan peran guru dan tenaga pendidik sangat penting karena dari tenaga kependidikan inilah sumber daya manusia unggul diciptakan.

“Guru adalah garda terdepan dalam mendidik masa depan anak khususnya di Aceh Tamiang. Harapan para tunas bangsa tersebut ada di tangan para pendidik dan tenaga kependidikan,” ujarnya.

Sekarang ini menurut Adi Darma, dengan perkembangan teknologi yang luar biasa pesat, bisa saja anak-anak lebih tahu informasi dibanding guru, kepala sekolah, bahkan pengawas sekolahnya. Selain itu anak-anak milenial dapat berkoordinasi secara nyata lewat teknologi, tidak hanya di media sosial saja.

“Ini yang harus kita bangun dengan menjadi filter arus informasi demi menciptakan komunikasi yang baik untuk para anak didik,” harap Adi Darma.

Adi Darma berpandangan ke depan di zaman now banyak orang menjalankan hidup maupun pekerjaannya tanpa melibatkan orang lain. Semua urusan sudah bisa dilakukan sendiri dengan memanfaatkan teknologi.

“Jadi orang yang bisa bersaing di abad 21 ini adalah orang yang bisa kerjasama dan mempunyai jarngan networking,” kata Adi Darma.

Kabid GTK Disdikbud Aceh Tamiang, Hadi Firmansyah mengatakan, jumlah peserta yang mendaftar seleksi GTK berprestasi 2021 sebanyak 102. Peserta yang lulus seleksi di tingkat kabupaten ini akan dilakukan pembinaan sebelum ikut seleksi di tingkat provinsi.

“Kita yakin perwakilan dari Aceh Tamiang bisa menunjukkan hasil yang maksimal di tingkat provinsi Aceh nanti. Peserta terbaik juga akan diberi reward berupa uang pembinaan,” kata Hadi Firmasyah.

Kegiatan seleksi GTK tingkat kabupaten ini berlangsung selama tiga hari Selasa-Kamis (29-30/6-1/7) dibuka oleh Plt Kadisdikbud Atam, Adi Darma di Aula Grand Arya Hotel Karang Baru.
 

Pewarta: Dedek Harison

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021