Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Meutia Aceh Utara di Kota Lhokseumawe memastikan persediaan oksigen untuk kebutuhan medis dalam kondisi aman meski terjadi penambahan pasien COVID-19.

"Hingga hari ini ketersediaan oksigen untuk kebutuhan medis masih aman meskipun jumlah pasien COVID-19 terus melonjak," kata Humas RSUD Cut Meutia Jalaluddin di Lhokseumawe, Senin.

Jalaluddin mengatakan pasokan oksigen di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Aceh Utara tersebut hingga hari ini tidak menjadi kendala seperti di beberapa daerah lain di Indonesia.

Menurut Jalaluddin, saat terjadi lonjakan pasien COVID-19 seperti sekarang ini, setiap harinya rumah sakit tersebut membutuhkan 80 hingga 100 tabung oksigen.

"Untuk mengantisipasi berkurangnya stok, kami terus penambahan persediaan tabung oksigen yang dipasok. Oksigen dipasok dari distributor lokal dua kali per hari," kata Jalaluddin.

Saat ini, kata Jalaluddin, RSUD Cut Meutia merawat delapan pasien COVID-19 dengan rata-rata hanya membutuhkan sekitar 30 tabung oksigen. Kondisi ini terbilang stabil dibandingkan saat terjadi ledakan pasien COVID-19.

"Mudah-mudahan tidak terjadi kelangkaan tabung oksigen dan juga diharapkan lonjakan pasien COVID-19 tidak terjadi di Aceh, khususnya Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe," kata Jalaluddin.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021