Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar Jakfar menyebutkan persediaan hewan untuk hari raya kurban di kabupaten itu yang sudah terdata hingga saat ini sebanyak 699 ekor.

“Data yang ada saat ini untuk memenuhi permintaan hari raya kurban yang akan jatuh pada  20 Juli 2021 ada enam ratusan ekor dan jumlah tersebut akan terus bertambah,” kata Jakfar di Aceh Besar, Kamis.

Ia menyebutkan persediaan hewan tersebut tersebut juga termasuk untuk memenuhi permintaan pada hari pemotongan hewan (meugang) lebaran hari raya Idul Adha.

Menurut dia khusus untuk pemotongan ternak pada hari raya kurban, jumlahnya akan terus bertambah mengingat kegiatan tersebut akan berlangsung di seluruh  kecamatan hingga gampong dalam Kabupaten Aceh Besar.

“Kita nanti juga akan mendata seluruh hewan kurban dan menurunkan tim ke seluruh kecamatan untuk memantau dan memastikan seluruh hewan kurban yang disembelih aman untuk dikonsumsi,” katanya.

Ia mengatakan dirinya juga akan menugaskan petugas kesehatan hewan yang ada di seluruh kecamatan untuk mengecek langsung terhadap ternak-ternak yang akan disembelih pada hari raya kurban.

“Pemantauan dan pengecekan langsung oleh petugas kesehatan yang ada di setiap kecamatan merupakan bagian untuk memastikan daging yang dikonsumsi masyarakat aman dan bebas dari penyakit,” katanya.

Pihaknya juga meminta masyarakat proaktif untuk menyampaikan kepada pihaknya sehingga seluruh ternak yang disembelih terpantau dan mendapat pemeriksaan terlebih dahulu oleh tim kesehatan hewan.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021