PJ Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA menanam pohon khas dari berbagai Nusantara di wilayahnya salah satunya bunga keunanga (Seulanga) asal Aceh. 

“Penanaman pohon yang dijadikan ikon daerah ini adalah bagian dari edukasi kepada warga.  Penanaman pohon in juga bagian dari Revolusi Hijau yakni Menanam 1 Juta Pohon di Kalsel,” kata PJ Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA, Sabtu.

Ia menjelaskan dirinya sudah menanam pohon Keunanga yang nama latinnya Cananga odorata di halaman Kantor Gubernur pada 9 Juli dan di beberapa lokasi lain di Kalsel,.

Pohon Keunanga adalah flora identitas Aceh yang disebut Seulanga. Pohon Keunanga juga ditanam di Rumah Dinas Gubernur Kalsel Jl. Suprapto, Antasan Besar, Kota Banjarmasin, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, SH  Kabupaten Barito Kuala, Danrem  101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah,  Kapolda Kalsel  Irjen Pol Drs Rikwanto, S.I.K, M.H,  Ketua DPRD Kalsel    DR. (HC) H. SupiahHK, S.H., M.H, Danlanal Kol Laut (P) Herbiyantoko M.Tr.Hanla, Danlanud Kol. Pnb. Yulmaizir Chaniago dan Kejati Kalsel Rudi Prabowo Aji  S.H., M.H.

 “Pohon-pohon khas dari daerah lain juga akan ditanam di Kalsel. Generasi milenial bisa belajar keanekaragaman hayati nusantara melalui pohon-pohon yang kita semai hari ini,” kata Safrizal.

Keunanga menjadi pohon hiasan di halaman dengan ketinggian mencapai 12 meter.  batang pohon keunanga lurus dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara (akustik). Memerlukan sinar matahari penuh atau beberapa. Daunnya panjang, halus dan berkilau. 

Bunganya hijau kekuningan, menggelung seperti wujud bintang laut dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi. Keunanga adalah tumbuhan asli di Indonesia. Bunga keunanga banyak menempati peran di dalam upacara-upacara khusus misalnya dalam upacara perkawinan.

Aroma bunga keunanga  digunakan sebagai parfum terkenal di dunia, meredakan stres dengan  menghirup minyak atsiri bunga kenanga yang harum itu, mengatasi hipertensi dan sebagainya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021