Satu unit rumah warga di Jurong Sutedjo, Gampong Kuta Ateh Kecamatan Sukakarya Sabang hangus terbakar sekitar pukul 14.00 WIB, pada Selasa (3/8) dan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Kepala BPBD Sabang M Amin mengatakan pihaknya mengerahkan empat unit armada pemadam kebakaran untuk memadamkan api yang menghanguskan rumah warga di gampong tersebut. 

“Akses menuju rumah cukup ramai dan pergerakan angin juga cepat sehingga api cepat membesar. Warga setempat juga ada inisiatif sendiri membawa mobilnya untuk mensuplai air,” kata M Amin.

Dalam pemadaman tersebut, pihaknya juga dibantu satu unit damkar milik BPKS, satu unit Damkar milik Lanudal dan satu unit Damkar Bandara Maimun Saleh, sejumlah mobil suplai air milik BPBD, Kodim , dan PDAM Kota Sabang juga ikut membantu proses pemadaman api. 

"Tim pemadam kebakaran Kota Sabang dibantu oleh sejumlah armada kebakaran milik BPKS, Lanudal Sabang, Bandara Maimun Saleh Sabang, Kodim 0112/Sabang, PDAM dan mobil tangki air milik masyarakat juga ikut membantu proses pemadaman api," katanya.

Sony, saksi mata yang merupakan keluarga korban menjelaskan bahwa titik api
diduga  berasal dari rumah bagian belakang.

“Waktu saya mendobrak pintu, api sudah besar tidak mungkin dipadamkan sendiri. Kamar ada di depan, sumber api dari kamar di bagian belakang,” kata Sony. 

Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 15.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Pihak keamanan masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran, namun diduga kuat diakibatkan adanya arus pendek.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021