Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia Aceh menargetkan dua medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua, Oktober mendatang.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia Aceh Teuku Rayuan Sukma di Banda Aceh, Kamis, mengatakan target tersebut berdasarkan total angkatan selama ini dua atlet angkat besi Aceh yang akan dikirim ke Papua.

"Angkat besi merupakan olahraga terukur. Target tersebut diukur dari total angkatan mereka selama ini. Total angkatan mereka jauh di atas atlet-atlet dari provinsi lainnya," kata T Rayuan Sukma.

T Rayuan Sukma mengatakan Aceh meloloskan dua atlet angkat besi ke PON XX di Provinsi Papua. Kedua atlet tersebut yakni Nurul Akmal (putri) dan M Zul Hilmi. Keduanya bermain di kelas berat di atas 80 kilogram.

T Rayuan Sukma mengatakan Nurul Akmal merupakan atlet angkat besi andalan Indonesia yang masuk peringkat lima di Olimpiade Tokyo. Sedangkan M Zul Hilmi peringkat lima Kejuaraan Asia di Uzbekistan pada April 2021.

M Zul Hilmi juga peraih tiga medali emas di kejuaran nasional dan Pra PON. M Zul Hilmi juga merupakan juara nasional sejak 2017. Kedua lifter andalan Aceh ini sedang mengikuti pelatnas di Jakarta, kata T Rayuan Sukma.

Menurut mantan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Aceh itu, M Zul Hilmi dan Nurul Akmal merupakan buah dari pembinaan yang berkelanjutan. Ke depan, juga sedang dipersiapkan penerus kedua lifter nasional tersebut.

"Jika tidak ada aral melintang maupun hal-hal nonteknis, mudah-mudahan mereka mampu meraih medali emas. Kami mengharapkan dukungan dan doa masyarakat agar keduanya meraih prestasi terbaik di PON Papua," kata T Rayuan Sukma.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021