Gampong atau Desa Wisata Aneuk Laot, Kota Sabang berhasil meraih juara tiga dalam anugerah BCA Desa Wisata Award 2021 kategori budaya. 

Perwakilan Desa Wisata Aneuk Laot Irwan Mahdi, Sabtu, mengatakan capaian itu menjadi motivasi bagi seluruh masyarakat agar fokus membangun desa wisata Aneuk Laot, sehingga ke depan pariwisata bisa menjadi salah satu sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

"Ini jadi motivasi bagi desa-desa lain, semua desa punya potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata," kata Irwan Mahdi di Kota Sabang.

Pengumuman pemenang ajang nasional itu berlangsung pada Jumat (3/9) sore, yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno secara virtual bersama 20 finalis desa wisata.

Dari 20 finalis, maka terpilih 10 desa sebagai juara dari kategori wisata alam, budaya, kreatif dan digital. Kata dia, desa Wisata Aneuk Laot berhasil mendapatkan peringkat ketiga kategori desa wisata budaya. Sementara peringkat satu kategroi ini yakni Desa Karangturi, Jawa Tengah dan peringkat dua Desa Osing Kamiren, Jawa Timur.

"Kita beharap dengan semakin banyak keberagaman atraksi dari setiap desa di Sabang ini, maka wisatawan akan tinggal lebih lama lagi. Maka efek ekonomi masyarakat Sabang juga akan semakin bagus dan semakin tinggi," kata Irwan.

Dia juga meminta dukungan masyarakat maupun pemerintah untuk bersama-sama menggali potensi-potensi wisata yang ada di Kota Sabang termasuk dalam mengembangkan Desa Wisata Aneuk Laot yang dikenal akan budayanya untuk naik ke level selanjutnya.

"Selanjutnya, untuk pengembangan Desa Wisata Aneuk Laot, kami akan fokus pada SDM," katanya.

Tapi kami juga sedang berusaha, dengan meminta dukungan Pemko Sabang maupun Pemerintah Aceh agar ke depannya, dapat membangun Rumah Aceh, agar budaya Aceh semakin terasa bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Aneuk Laot," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal Azwar mengatakan Pemko Sabang sangat mengapresiasi hasil yang diraih Desa Aneuk Laot, sekaligus kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam memenangkan kompetisi nasional itu.

"Saat ini, desa wisata alam menjadi salah satu prioritas pengembangan pariwisata kita untuk tahun-tahun ke depan. Kami berharap Desa Wisata Aneuk Laot menjadi salah satu tujuan wisata baru Kota Sabang dan dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya," katanya, berharap.

Hal senada juga disampaikan Keuchik Gampong Aneuk Laot, Armia Ali, yang sangat mengapresiasi Bank BCA selaku pelaksana kegiatan itu dan berharap ibu-ibu PKK, pemuda, dan pelaku wisata di Gampong Aneuk Laot tetap kompak dan tidak kehilangan kreatifitas untuk menaikkan Desa Wisata Aneuk Laot ke level selanjutnya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari/Khalis

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021