Petani lemon di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluh akibat anjloknya buah lemon yakni dari  Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp5 ribu per kilogram di tingkat petani.

 “Minimnya permintaan di pasar mengakibatkan harga lemon turun drastis dibanding sebelumnya berada pada kisaran Rp15 ribu per kilogram,” kata Agus, petani Lemon di Gampong Alue Pisang, Kecamatan Kuala Batee di Blangpidie, Rabu.

Menurut dia minat masyarakat lokal mengkonsumsi buah sitrun tersebut masih kurang karena belum terbiasa.

“Masyarakat Abdya khususnya ibu-ibu rumah tangga lebih suka membeli buah jeruk nipis untuk bumbu masakan dari pada buah lemon. Buah lemon yang dipanenkan petani selama ini khusus di jual ke Sumatera Utara,”katanya

Ia menambahkan sejak sepekan terakhir, pedagang (agen) dari Medan tidak datang lagi ke kabupaten Abdya untuk membeli buah lemon petani, sehingga buah lemon yang dipanen terpaksa dijual ke pedagang lokal dengan harga murah.

 

“Kalau harga jeruk nipis masih normal rata-rata Rp 10- 12 ribu per kilogram. Sedangkan harga lemon turun mencapai Rp10 ribu per kilogram. Penyebabnya itu tadi, masyarakat Abdya belum terbiasa konsumsi lemon,” katanya.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021