Kapal tangkap ikan ukuran 27 gross ton milik nelayan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kandas di karang Pulau Gosong sekitar satu mil dari pantai Jilbab, Kecamatan Susoh

Komandan Pos TNI Angkatan Laut Abdya, Letda Laut (P) Agus Subekti Priyanto di Blangpidie, Kamis mengatakan, kapal tersebut terseret arus hingga ke Tenggara Pulau Gosong itu merupakan milik nelayan Kecamatan Jeumpa, Abdya.

“Kejadian ini terjadi Selasa (7/9) malam saat hujan deras dan badai melanda Abdya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sejumlah barang yang ada dalam kapal nelayan itu tengah di evakuasi oleh anggota TNI AL,” katanya.

Menurutnya kapal tangkap ukuran 27 GT tersebut sebelumnya tengah lego jangkar di kawasan perairan laut Ujong Serangga, Susoh lalu datang angin badai kemudian kapal itu terseret arus hingga ke Tenggara pulau gosong.

Adapun pulau kecil berukuran satu hektare persegi tersebut terletak di sebelah Selatan Kabupaten Abdya dengan jarak tempuh sekitar satu mil dari pantai Jilbab, Susoh. Pulau tanpa penghuni itu di kelilingi oleh karang-karang besar.

“Kapal itu posisi awalnya lego, datang badai dihantam ombak dan terseret hingga nyangkut di karang situ. Jadi, sekarang tengah kami upayakan evakuasi barangnya untuk meringankan kapal dari gesekan batu karang itu,” katanya

Komandan pos TNI AL Abdya itu mengakui hingga saat ini anggotanya masih melakukan evakuasi terhadap barang-barang yang ada dalam kapal naas itu.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021