Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta setiap Bunda PAUD di daerah itu untuk dapat memastikan terpenuhinya hak tumbuh kembang anak sejak usia dini.

"Pendidikan anak usia dini merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah," kata Shabela Abubakar di sela-sela membuka kegiatan Penguatan Kapasitas Bunda PAUD Kecamatan dan Desa se Kabupaten Aceh Tengah di Takengon, Senin.

Ia menjelaskan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak harus mendapat perhatian serius oleh seluruh Bunda PAUD di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurut dia  Program PAUD tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi dan berkolaborasi dengan Program PAUD Holistik Integratif.

"Dengan dukungan sarana, prasarana, sosialisasi, kebijakan, kepastian hukum, aturan dan pedoman yang selaras akan mendorong tumbuhnya lembaga PAUD yang berkualitas," kata Shabela.

Dia juga berpesan agar setiap Bunda PAUD Kecamatan dan Desa dapat membuat Pokja PAUD di wilayah tugasnya masing-masing, sehingga nantinya tugas sebagai Bunda PAUD dapat dilaksanakan secara maksimal.

Bupati juga berharap setiap Bunda PAUD dapat memberikan kontribusi maksimal dalam menjalankan perannya mewujudkan generasi tangguh, sehat, dan cerdas.

Sekaligus mewujudkan program menjadikan Takengon Kota Layak Anak, yang dapat terwujud dengan adanya dukungan dari semua pihak, baik dari kampung, kecamatan, serta kabupaten.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021