Meulaboh (ANTARA Aceh) - Tokoh masyarakat pesisir Indra Jeumpa menilai wisata bahari berpotensi dikembangkan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh, karena daerah itu memiliki kawasan pantai yang cukup luas dan indah.

Kepada wartawan di Meulaboh, Kamis, ia mengharapkan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melakukan pembenahan kawasan pesisir pantai untuk meningkatkan animo masyarakat mengunjungi wisata bahari.

"Bila dilakukan pembenahan maka akan berkembang usaha kecil di kawasan pesisir pantai wisata. Kawasan wisata bisa berkembang apabila di lokasi ada tempat-tempat singah pengunjung," katanya.

Indra Jeumpa yang juga koordinator Komunitas Nelayan Tradisional (Kontan) Aceh Barat ini menyatakan, kawasan pesisir penduduknya adalah para nelayan karena itu butuh pengembangan usaha keluarga nelayan untuk menumbuhkan industri kecil.

Kata dia, saat ini pemda sedang berupaya membangun kawasan Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, sebagai pusat tempat pendaratan ikan (TPI),  tidak salahnya kawasan tersebut juga dikembangkan menjadi kawasan objek wisata bahari.

Selain memiliki panorama laut, di kawasan itu masih terdapat satu monumen sejarah masjid tua terletak di daratan antara laut dan sungai muara peninggalan hempasan gelombang tsunami 2004 yang dapat dijadikan salah satu ikon wisata Aceh Barat.

Karena itu bila pemerintah segera menuntaskan proyek tersebut maka pemanfaatan lahan bekas tsunami memiliki asas manfaat bagi keluarga nelayan dalam pengembangan usaha, kata Indra.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015