Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh melepas keberangkatan tim rugbi ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua yang berlangsung 2 hingga 15 Oktober 2021.

Sekretaris Umum KONI Aceh M Nasir Syamaun di Banda Aceh, Senin, mengatakan tim rugbi yang diberangkatkan terdiri yakni putra dan putri, masing-masing 12 atlet didampingi pelatih dan ofisial.

"Secara resmi kami melepas keberangkatan tim rugbi Aceh ke PON XX seraya berdoa agar mereka bisa meraih prestasi terbaik dan mempersembahkan medali," kata M Nasir Syamaun.

M Nasir Syamaun mengatakan Ketua Umum KONI Aceh H Muzakkir Manaf menitipkan salam hangat untuk seluruh atlet dan pelatih rugbi. Serta mengharapkan mereka berjuang mendapatkan hasil terbaik

"Ketua Umum KONI Aceh Muzakir Manaf berpesan bahwa beliau yakin anak-anak rugbi mampu meraih medali PON XX di Provinsi Papua," kata M Nasir Syamaun.

Sebelumnya, Pengurus Provinsi Rugbi Union Indonesia (Pengprov PRUI) Aceh menyatakan optimistis tim rugbi, baik putra maupun, masuk final PON XX di Provinsi Papua.

"Kami optimis tim rugbi Aceh masuk final PON. Optimis tersebut didasari hasil uji tanding, baik di Aceh maupun luar Aceh. Uji tanding di Aceh dengan tim lokal dan tim rugbi Kalimantan Selatan," kata Pengprov PRUI Aceh PP Andry Agung.

Sedangkan uji tanding di luar Aceh, kata Andry Agung, tim rugbi Aceh menjajal kekuatan tim rugbi Jawa tengah, tim UTP Salatiga, tim rugbi Yogyakarta, dan tim rugbi Papua.

"Dari uji tanding tersebut, kami optimis bisa masuk final PON. Tentu rasa optimis ini juga diimbangi doa masyarakat agar tim rugbi Aceh sukses di PON XX Provinsi Papua," kata Andry Agung.

Andry Agung mengatakan Aceh meloloskan dua tim rugbi, putra dan putri. Tim putra akan menghadapi Papua DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Yogyakarta.

Sedangkan putri, kata Andry Agung, akan menghadapi Papua, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Bali. Semua lawan yang dihadapi memiliki kekuatan merata.

"Kami berharap doa restu dan dukungan seluruh masyarakat Aceh agar tim rugbi, baik putra maupun putri dapat meraih medali PON XX Papua," kata Andry Agung.

Rugbi merupakan olahraga dengan bola berbentuk lonjong yang banyak persamaannya dengan sepak bola. Namun, rugbi selain menggunakan kaki juga boleh menggunakan tangan. Olahraga ini baru beberapa tahun terakhir dikembangkan di Aceh.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021