Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) mengajak generasi milenial mengambil peran mengembangkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu.

Kepala Disporapar Kabupaten Aceh Utara Mawardi melalui Kepala Bidang Pariwisata Umar Ali di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan peran generasi muda atau milenial sangat penting dalam upaya pengembangan dan promosi objek wisata dengan memanfaatkan media digital atau media sosial.

"Generasi milenial dapat memainkan perannya dalam mendukung pariwisata di Aceh Utara dengan memanfaatkan teknologi, sehingga sektor pariwisata dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Umar Ali menambahkan, Kabupaten Aceh Utara memiliki cukup banyak objek wisata, seperti wisata alam, budaya dan religi. Potensi tersebut telah menarik wisatawan lokal, nasional, bahkan mancanegara.

"Kami juga ingin wujudkan wisata religi Makam Malikussaleh menjadi destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh. Hal tersebut sesuai dengan visi misi Bupati Aceh Utara," sebutnya.

Umar Ali mengatakan pihaknya menyadari bahwa tugas Disporapar bukan saja pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, tapi yang lebih penting bagaimana mampu mendorong para wisatawan untuk meningkatkan pengeluarannya selama berada di Aceh Utara.

"Kemudian yang menjadi agenda utama adalah menciptakan kenyamanan wisatawan melalui ketersediaan fasilitas dan pembinaan sumber daya manusia pariwisata serta memacu produktivitas pelaku usaha pariwisata," sebutnya.

Umar Ali mengatakan bahwa pihaknya terus mengoptimalkan peran generasi milenial sebagai duta wisata untuk memajukan dan mempromosikan wisata di Aceh Utara.

"Disporapar juga terus melakukan pembinaan kelompok sadar wisata agar dapat berperan aktif memfasilitasi dan meningkatkan peran masyarakat dalam pengembangan pariwisata di Aceh Utara," tutup Umar Ali.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021