Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten/kota se-Aceh memaparkan capaian realisasi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) dan Dana Desa tahun 2021 yang telah dialokasikan pemerintah pada tahun itu.

“Kami akan mengevaluasi terhadap pencapaian realisasi dana Otsus dengan menggelar rapat koordinasi dan melakukan monitoring,” kata Sekda Kabupaten Bireuen, Ibrahim di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pemaparan realisasi dana DOKA dan Dana Desa dihadapan Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan pihaknya juga akan berkoordinasi dan membina dan ikut mendampingi terhadap desa atau gampong yang masih rendah realisasi pencairan dana desanya.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Aceh dan Sekda kabupaten/kota membahas berbagai upaya dan strategi untuk mempercepat realisasi penggunaan Dana Otsus dan Dana Desa sehingga pembangunan yang dilakukan melalui kedua jenis anggaran tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Direktur Koordinasi Supervisi I KPK RI, Brigjen Pol Didik Agung Widjanarko secara virtual ikut mengapresiasi rapat koordinasi Sekda se-Aceh dalam rangka membahas upaya percepatan MCP, dana otsus, dana desa dan pelaksanaan vaksinasi.

“Rakor yang digelar oleh teman-teman di Aceh ini akan saya sampaikan kepada tim di KPK, agar dapat diimplementasikan di provinsi lainnya,” kata Didik.

Didik mengatakan, capaian realisasi Dana Otsus tiap kabupaten/kota di Aceh bervariasi, karena itu Ia meminta kabupaten/kota untuk dapat mempercepat penggunaannya dengan tetap memastikan memberi kualitas yang baik terhadap pembangunan di Aceh.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021