Pekan Olahraga Nasonal (PON ) XX di Papua sudah memasuki hari ketujuh (H+7) penyelenggaraan di mana beberapa cabang olahraga sudah mencapai klimaksnya dengan pertandingan-pertandingan final yang menyedot perhatian penonton.

Dua cabang populer, bola basket dan bulu tangkis beregu, telah dirampungkan Sabtu ini, dan menjadi milik atlet-atlet DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Namun dalam klasemen perolehan medali, seperti dikutip laman resmi PB PON hingga Sabtu malam pukul 23.00 WIT, Jawa Barat masih menduduki urutan teratas dengan tambahan 13 medali emas dari berbagai cabang olahraga.

Jawa Barat kini mengumpulkan 78 emas, 65 perak dan 72 perunggu, sedangkan para peringkat kedua Jawa Timur menyalip DKI Jakarta bersama 68 emas , 61 perak dan 52 perunggu.

Jawa Timur hanya unggul tipis di atas DKI Jakarta yang mengoleskai 68 emas, 54 perak, dan 70 perunggu.

Sementara Aceh pada hari ketujuh menambah satu medali emas dari cabang angkat besi atas nama Nurul Akmal. Penambahan medali emas tersebut Aceh berada di urutan ke-16 klasemen sementara dengan enam emas empat perak dan empat perunggu.  

Enam emas dari cabang sepatu roda (Jihan), muaythai (Dara Phona), binaraga (Andri Yanto), angkat besi (M Zul Ilmi dan Nurul Akmal), anggar (floret team putra), perak dari cabang muaythai (Irsalina dan Khairul Umam), anggar (Erwan Tona), dan panahan (beregu campuran), sedangkan perunggu dari cabang judo (M Dimas Pratama), wushu (Rahmad Dwi Kurniawan), dan anggar (Yudi Anggara Putra dan Elvanda Cantika Putri).

Pewarta: Teguh Handoko

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021