Harga cabai merah di pasar tradisional Kota Lhokseumawe, Aceh, turun karena persediaan melimpah saat musim panen di beberapa daerah penghasil sayur mayur. 

"Harga cabai merah saat ini Rp35 ribu per kilogram. Sebelumnya, harga cabai mencapai Rp45 ribu per kilogram," kata Febri, pedagang di Pasar Pusong Lhokseumawe, Sabtu.

Menurut Febri, turunnya harga cabai karena hampir semua daerah sedang memasuki musim panen, sehingga membuat persediaan melimpah. 

"Biasanya menjelang perayaan maulid nabi, harga sejumlah bahan pokok naik karena banyaknya permintaan. Namun kali ini, sejumlah daerah produksi sedang musim panen, sehingga menyebabkan harga turun," katanya. 

Sementara, harga bawang merah turun menjadi Rp28 ribu dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kilogram. Bawang putih juga turun dari Rp26 ribu menjadi Rp24 ribu per kilogram. 

Sedangkan harga tomat bertahan pada Rp10 ribu per kilogram. Begitu juga kentang bertahan di harga Rp10 ribu per kilogram dan wortel juga bertahan di Rp8.000 per kilogram. 

Febri mengatakan harga sayur mayur diperkirakan akan mengalami kenaikan beberapa hari mendatang menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung mulai pekan depan. 

"Diperkirakan permintaan sayur mayur kebutuhan pokok meningkat saat maulid nabi karena hari besar keagamaan tersebut sudah menjadi tradisi di Aceh," pungkas Febri. 
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021