Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta Bank Syariah Indonesia (BSI) memberikan dukungan terhadap pengembangan dunia usaha di Aceh terutama Banda Aceh dengan mendorong adanya pembiayaan.

"Kita minta dukungan BSI untuk dunia usaha, termasuk sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar terus berkembang," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Rabu.

Permintaan tersebut disampaikan Aminullah Usman di hadapan Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar, serta Kepala BI Perwakilan Aceh Archis Sarwani saat menghadiri acara Gathering Agen BSI Smart, di Banda Aceh.

Aminullah menyampaikan, saat ini di Banda Aceh terdapat 16.950 unit UMKM, jumlah tersebut meningkat pesat jika dibandingkan dalam beberapa tahun sebelumnya, di mana pada 2016 lalu hanya 8.580 UMKM.

"Alhamdulillah dengan dukungan dan kerja keras, saat ini UMKM di Banda Aceh jumlahnya sudah menjadi 16.950 usaha, meningkat pesat hingga 99 persen," ujarnya.

Aminullah mengatakan, UMKM membutuhkan akses pembiayaan agar mereka dapat terus bertahan dan berkembang. Apalagi selama ini mengalami kesulitan karena terdampak pandemi COVID-19.

"Selama ini, kita hanya dukung pembiayaannya lewat lembaga keuangan mikro syariah milik Pemko, yakni Mahirah Muamalah. Tentunya akan lebih baik jika perbankan seperti BSI juga memberikan bantuan pembiayaan untuk mereka," kata mantan Direktur Bank Aceh itu.

Dalam kesempatan ini, Aminullah juga menyinggung terkait fasilitas dan layanan untuk mendukung kegiatan ekspor dan impor, yang dulunya dilaksanakan bank konvensional, dan sekarang harus dijalankan BSI.

"Saya yakin ini hal yang mudah dilakukan bank sebesar BSI, untuk memudahkan transaksi dengan pelaku usaha dari luar negeri," ujarnya.

Aminullah berharap, BSI dapat memberikan edukasi kepada masyarakat Aceh akan keunggulan sistem ekonomi syariah yang ditetapkan saat ini.

Kemudian, dirinya juga mengajak BSI dapat berkolaborasi dengan pemerintah, lembaga keuangan lainnya, dan bersama organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

"Kemudahan yang didapatkan masyarakat Aceh dari bank konvensional harus juga didapatkan dari BSI. Ini penting agar masyarakat kita tidak hilang kesempatan," demikian Aminullah.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021