Program sosial Bank Aceh Saweu Syedara melalui Komunitas Trail Bank Aceh Syariah (Trabas) menjelajahi belantara di kawasan Negeri Breh Sigupay Kabupaten Aceh Barat Daya. 

Ketua Trabas Aceh Yanis Syahputra di Aceh Barat Daya, Senin, mengatakan, kegiatan kali ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama komunitas Trail Advanture GTT (Gas Tek Tek) di Kabupaten Aceh Barat Daya dengan jumlah peserta mencapai sekitar 50 rider. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi persaudaraan antar komunitas trail dan yang lebih utama adalah kehadiran kita dapat memberi manfaat bagi lingkungan masyarakat yang selama ini berada di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau,” ujar Yanis.

Perjalanan ekpedisi dimulai dengan menyusur wilayah barat selatan Provinsi Aceh di sepanjang Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan puncak kegiatan dipusatkan di Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya, Minggu (24/10).

Melalui kegiatan Program Sosial Bank Aceh Saweu Syedara, Tim Trabas melakukan kegiatan eksplore wisata alam dan sekaligus pemberian santunan bagi anak yatim piatu yang berada di sejumlah kabupaten/kota.

Dikatakan Yanis, pemilihan wilayah ekpedisi didasarkan pada potensi destinasi yang membentang di sepanjang pesisir barat selatan yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. 

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin mengeksplorasi potensi wisata yang masih belum terekspos di sepanjang pesisir barat,” ujarnya.

Ketua Pembina Trabas yang sekaligus Direktur Dana dan Jasa Bank Aceh, Amal Hasan mengatakan kolaborasi ekspedisi bersama Trabas dan GTT kali ini dilakukan untuk sharing pengalaman di antara komunitas trail yang ada di Aceh. Selain itu, juga untuk melihat potensi keanekaragaman hayati yang sangat prospektif di sepanjang pesisir barat selatan. 

“Wilayah Barat Aceh menyimpan potensi yang luar biasa di sektor perkebunan, pertanian, maupun perikanan. Ekspedisi ini tentunya dapat menjadi referensi bagi upaya pemberdayaan ekonomi melalui sektor ekonomi unggulan yang dimiliki masing-masing daerah,” ujarnya. 

Dalam setiap event ekspedisi kita selalu berkoordinasi dengan berbagai kalangan masyarakat setempat dengan tujuan agar kehadiran kita dalam berbagai kegiatan bisa tetap sejalan dengan kearifan lokal di wilayah tersebut. Ini penting agar interaksi sosial antara BAS dan masyarakat dapat saling memberi kontribusi yang positif dan membangun kota amal.

Sementara itu, Kepala Desa Panton Raya, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Bustami, yang menerima secara simbolis bantuan bagi yatim piatu yang berada di daerahnya, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Trabas. 

"Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Panton Raya khususnya. Santunan yang diberikan bisa meringankan dan membantu anak yatim piatu di desa ini," kata dia.

Bustami berharap kehadiran Tim Bank Aceh Saweu Syedara melalui Komunitas Trabas juga sekaligus dapat menjadi media yang dapat membuka akses informasi dan akses ekonomi bagi pengembangan kawasannya. 

"Berbagai potensi yang ada disini perlu dieksplore secara baik dan massif," ujarnya. 

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Ketua Pembina Trabas, Amal Hasan dan turut disaksikan oleh Ketua Pemuda Maulidi Rahman, dan tokoh masyarakat Muslidar. 

Ekspedisi kolaborasi Trabas dan GTT sepanjang pesisir barat selatan turut dihadiri juga oleh berbagai unsur baik eksekutif maupun legislatif kabupaten Abdya serta beberapa staf Bank Aceh di kawasan tersebut.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021