Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar mengedukasi masyarakat lewat sekolah lapang gempa bumi di Pidie.

“Mitigasi bencana sangat penting untuk terus dilaksanakan untuk membangun kesadaran bencana dalam diri masyarakat,” kata Wakil Bupati Pidie, Fadlullah di sela-sela pelaksanaan Sekolah Lapang BMKG di Sigli, Selasa.

Ia menjelaskan mitigasi bencana dilaksanakan untuk membuat masyarakat lebih sadar akan bencana yang akan terjadi, karena ketika terjadi suatu bencana yang dapat menyelamatkan masyarakat adalah masyarakat yang berhadapan langsung dengan bencana.

Ia mengatakan ada beberapa hal yang harus disadari masyarakat Pidie yaitu, seluruh pesisir pantai Provinsi Aceh merupakan Daerah yang rawan tsunami, Kota Sigli juga merupakan daerah yang memiliki potensi tsunami yang bersumber dari penunjaman lempeng di Samudera Hindia.

“Pemerintah dan masyarakat Kota Sigli perlu membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa dan tsunami," Kata Fadlullah.

Deputi Bidang Geofisika, Muhammad Sadly di Pidie, selasa mengatakan sekolah lapang gempa bumi sudah dirintis sejak tahun 2015.

Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pidie untuk melaksanakan latihan evakuasi di lingkungan perkantoran maupun sekolah.

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021