Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh menggelar operasi pangan murah (OPM) guna membantu masyarakat kurang mampu atau berpenghasilan rendah untuk mendapatkan kebutuhan pokok.

"Kita berikhtiar memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dengan menyediakan puluhan paket pangan seharga Rp50 ribu berisikan beras, minyak, gula dan telur,” kata Staf Program ACT Aceh Rikar, di Banda Aceh, Sabtu.

Kata Rikar, aksi OPM tersebut merupakan kolaborasi kemitraan dengan Banda Banana, dan akan terus dilakukan di daerah lainnya hingga merata ke seluruh Aceh.

Selain Kota Banda Aceh, operasi pangan murah itu juga telah dilaksanakan di Kota Langsa dan Lhokseumawe. Ke depan diadakan secara rutin dan bergilir di tempat yang berbeda-beda. 

Rikar mengatakan, aksi tersebut dilakukan dalam rangka membantu warga yang perekonomian rendah agar dapat memperoleh bahan baku makanan dengan harga murah namun tetap berkualitas.

Rikar berharap, ke depannya akan lebih banyak dermawan yang tergerak hati untuk turut andil menjadi solusi kelaparan masyarakat pra-sejahtera melalui program operasi pangan ini. 

“Semoga semakin banyak masyarakat yang peduli pada saudara kita yang kekurangan dengan menyisihkan harta terbaiknya,” kata Rikar.

Sementara itu, salah seorang warga Banda Aceh Mustafa (70) bersyukur adanya operasi pangan murah ACT ini, sehingga ia bisa mendapatkan sembako kebutuhan keluarga berkat salah seorang dermawan yang membelikan untuknya.

“Terima kasih banyak ya nak, semoga Allah memudahkan rezeki kalian semua. Alhamdulillah bisa bawa pulang sembako untuk istri di rumah," kata Mustafa.

Kakek Mustafa ini sehari-hari bekerja mengais sampai menggunakan gerobak ini, dan sesekali ia mendapat kerja memotong rumput serta membersihkan halaman rumah warga sebagai penghasilan tambahan. 

"Paling banyak yang bisa saya dapat itu Rp50 ribu atau Rp100 ribu kalau ada tambahan kerja bersihkan halaman, itu hanya sesekali. Kalau sedang sedikit saya mendapat Rp10 ribu di bawa ke rumah,” ujarnya. 

ACT mempersilahkan dermawan yang ingin berkontribusi dalam operasi pangan murah maupun operasi pangan gratis, bisa menyalurkannya melalui rekening BSI 7089786023 atau Bank Aceh Syariah 01001930009205. Donasi dalam bentuk barang juga bisa diserahkan langsung ke kantor Cabang ACT Aceh, di Banda Aceh.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021