Meulaboh (ANTARA Aceh) - Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah menyatakan bangga atas kinerja yang dihasilkan dari pelaksanaan Tentara Manungal Membangun Desa (TMMD) ke-94 prajurit TNI-AD Kodim 0105 yang membuka akses menuju lahan pertanian di kawasan terpencil.

"Kami merasa bangga dengan apa yang sudah dilaksanakan, mudah-mudahan untuk ke depan TMMD setiap tahun dapat dilaksanakan di Aceh Barat dapat membuka semua akses infrastruktur jalan masyarakat terisolasi," katanya di Meulaboh, Kamis.

Hal itu disampaikan di sela-sela menutup TMMD Reguler ke-94 di lapangan Desa Langoe Kecamatan Pante Ceureumen Aceh Barat, Bupati Alaidinsyah membacakan amanat Panglima Kodam Iskandar Muda (IM) Mayor Jenderal TNI Agus Kriswanto.

Dalam amanat Pangdam IM disampaikan bahwa penutupan kegiatan ini serentak dilaksanakan di empat kabupaten di Provinsi Aceh yang melaksanakan TMMD Reguler sejak 7-27 Mei 2015, seluruh hasil kegiatan harus dievaluasi untuk menyempurnakan penyelenggaraan berikutnya.

Dari sasaran fisik yang dicapai diharapkan sudah terbangun infrastruktur dan sarana-prasarana yang diperlukan untuk perbaikan kehidupan masyarakat di daerah terpencil terutama membantu membuka isolasi daerah-daerah terpencil.

"Apabila akses masyarakat sudah terbuka maka roda perekonomian masyarakat akan meningkat. Dengan demikian akses pemasaran hasil bumi dari daerah pedesaan dapat lebih luas," imbuhnya.

Lebih lanjut Bupati Alaidinsyah menyampaikan, dari sasaran non fisik yang telah dicapai diharapkan masyarakat telah mendapat pencerahan mengenai wawasan kebangsaan, wawasan hukum serta upaya peningkatan kualitas hidup sehingga mempunyai kesadaran bela negara.

Dengan pencapaian sasaran tersebut akan didapati ketahanan wilayah yang tanguh dalam menghadapi setiap permasalahan bangsa untuk mewujudkan kondisi sosial masyarakat yang kondusif bagi kesinambungan pembangunan nasional.

Melalui sambutan disampaikan Bupati Alaidinsyah ini, Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Agus Kriswanto mengajak masyarakat untuk memelihara hasil yang telah dicapai sehingga dapat terus dinikmati manfaatanya.

"Saya (Pangdam IM) memohon kepada pemda agar meningkatkan prasarana jalan yang telah dihasilkan ke tahap berikutnya agar lebih berdaya guna. Ucapan terimakasih juga saya sampaikan kepada TNI, Polri serta masyarakat yang sudah bahu membahu membangun masyarakat," katanya.

Dalam kegiatan TMMD ke-94 di kawasan setempat pembangunan fisik terealisasi 100 persen yakni pembangunan jalan berupa rehabilitasi sepanjang 7,5 kilometer dengan lebar lima meter, selain menghubungkan antar desa terisolasi, jalan itu kini sudah membuka akses menuju perkebunan rakyat seluas 600 hektare.

Sementara untuk kegiatan nonfisik berupa penyuluhan agama kepada masyarakat tentang bahaya paham radikal, ISIS serta terorisme, kerukukan hidup beragama serta kesehatan dengan melibatkan semua instansi dan lembaga pemerintahan.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015