Sabang (ANTARA Aceh) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar atraksi wisata menyelam yang bertajuk Pulau Weh Dive Festival pada 6 dan 7 Juni 2015.

"Pulau Weh Dive Festival ini merupakan upaya mempromosikan pariwisata Aceh, khususnya Sabang, Pulau Weh," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi di Sabang, Jumat.

Festival selam tersebut dipusatkan di Pantai Gapang, Kota Sabang. Dalam festival ini digelar lomba menyelam dengan dua kategori, yakni sport dive dan fun dive.

Di Pantai Gapang sering digelar wisata selam. Di tempat itu juga pernah digelar upacara pengibaran merah putih di bawah laut yang diikuti sejumlah penyelam dalam dan luar negeri.

Pulau Weh Dive Festival, kata dia, digelar bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang, Aceh Diving Club, dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Aceh. Tagline festival ini "Kembali ke Pesisir".

Selain lomba menyelam, kata Reza, juga digelar kompetisi masakan laut. Dalam kompetisi ini diperlombakan masakan laut kreasi, seperti aneka sup, kreasi masakan berbahan dasar seafood kering dan basah.

"Semua perlombaan yang digelar di Pulau Weh Dive Festival akan memperebutkan hadiah total mencapai Rp62 juta, termasuk trofi, medali, dan sertifikat," kata Reza Fahlevi.

Reza Fahlevi mengatakan, Pemerintah Aceh terus berupaya mempromosikan pariwisata di provinsi ujung barat Indonesia tersebut. Termasuk upaya menjadikan Pulau Weh, Kota Sabang sebagai daerah tujuan wisata nasional.

"Kami mengajak semua pihak mendukung sepenuhnya kesuksesan Pulau Weh Dive Festival. Sekaligus menunjukkan keramahan masyarakat dalam menyambut wisatawan yang berkunjung ke Aceh," kata Reza Fahlevi.

Pewarta: Pewarta : M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015