Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek RI, Sri Wahyuningsih menyatakan kolaborasi sangat penting dalam memajukan sektor pendidikan.

“Kami sangat mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya yang telah serentak bergerak bahkan telah membangun kemitraan dengan dinas Pendidikan lainnya,” katanya di Calang, Sabtu.

Ia menjelaskan untuk mengembangkan Pendidikan kolaborasi sangat dibutuhkan, karena pihak pusat maupun daerah tidak akan bisa menyelesaikan persoalan Pendidikan yang sangat kompleks tanpa melibatkan semua pihak.

Ia mengatakan Pemerintah Aceh Jaya yang telah membangun kemitraan dengan dinas Pendidikan lain yaitu Yogyakarta, untuk memberikan sebuah transformasi dan akselerasi bagaimana belajar di era pandemi.

Menurut dia semua harus kompak bergerak untuk mengeliminasi dampak dari belajar dari rumah di

masa pandemi akibat hilangnya pengetahuan dan keterampilan akibat faktor tertentu.

Ia juga menambahkan jika belajar dari kondisi pandemi orang tua memiliki peran penting dalam memberi dukungan kepada satuan Pendidikan untuk tetap memberi hak belajar bagi anak, belajar dari rumah betul-betul bisa difasilitasi oleh orang tua.

“Kita akui dengan berbagai latar belakang, berbagai persoalan, ekonomi bahkan sosial belum mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas belajar,” katanya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021