Blangpidie (ANTARA Aceh) - Komando Rayon Militer (Koramil) 04/Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melakukan panen raya kacang tanah seluas 1 hektare di Desa Padang Baru.
     
Panen kacang yang memanfaatkan lahan tidur pada Selasa itu sebagai salah satu bentuk upaya Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam mendukung program ketahanan pangan nasional.
     
Danramil 04 Susoh Kapten Inf Raden S Nury di sela-sela acara panen perdana kacang tanah mengatakan, seluas 1 hektar kacang tanah yang kini sudah memasuki masa panen tersebut di tanam pada hamparan lahan tidur milik masyarakat sebagai bentuk percontohan.
     
Raden melanjutkan, selain untuk percontohan kepada masyarakat, program tanam kacang tanah tersebut dilakukan sebagai bentuk menyahuti arahan dari komando atas untuk memamfaatkan lahan tidur menjadi lahan produksi.
     
"Program ini memang ada arahan dari komando atas. Jadi, kita minta pinjamkan lahan tidur pada masyarakat untuk kita tanam kacang tanah, sebagai upaya kita mendukung program ketahanan pangan nasional," katanya.
     
Danramil menjelaskan, tanaman kacang tanah yang kini sedang dipanen itu hasilnya sangat memuaskan, karena, dari satu rumpun dicabut diperoleh hasil  25 sampai dengan 30 polong kacang tanah.
     
"Alhamdulillah, hasilnya lumayan juga, ini semua berkat kerjasama semua dengan penyuluh, masyarakat dan para anggota Koramil sendiri," katanya.
     
Lanjutnya, seluas 1 hektare lahan merupakan hasil dari kerja keras semua prajurit TNI yang ada di Koramil 04 Susoh terutama dalam menggarap lahan sampai dengan penanaman.
     
"Proses garab lahan sampai dengan penanaman, pemupukan dan sebagainya, dilakukan sendiri oleh anggota Koramil yang ada, dengan sistem kerja bersama," jelasnya.
     
Amatan dilapangan, acara panen kacang tanah perdana di Desa Padang Baru, dipimpin Dandim 0110 Abdya, Letkol INF Suhartono, dihadiri oleh Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Abdya, Maswadi, Kepala BP3K, Muspika Susoh, para PPL, masyarakat kelompok tani dan termasuk 9 orang mahasiswa dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Bnada Aceh.

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015