Turnamen sepak bola DPR Aceh Barsela Cup I 2021 berhasil mendongkrak angka vaksinasi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) hingga 1.200 dosis, dalam upaya mendukung langkah pemerintah untuk menyukseskan percepatan vaksinasi COVID-19.

Perhelatan sepak bola itu diinisiasi Safarduddin, putra Abdya yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Aceh dari Partai Gerindra. Ribuan masyarakat ikut vaksinasi dalam turnamen yang berlangsung sejak 9-21 November 2021 di Lapangan Persada, Blangpidie, Abdya.

"Alhamdulillah selama turnamen ini berlangsung, panitia telah mengantongi jumlah masyarakat yang sudah melakukan vaksin sebanyak 1.200 orang lebih," kata Ketua Relawan Sahabat Safaruddin, Syahril dalam keterangan diterima di Banda Aceh, Senin.

Syahril menjelaskan turnamen sepak bola tersebut bersifat terbatas mengingat di tengah pandemi COVID-19, sehingga panitia pelaksana mewajibkan pemain dan penonton untuk melakukan vaksinasi.

Selama turnamen DPR Aceh Barsela Cup I berlangsung, panitia menyiapkan dua gerai vaksinasi yaitu di Kantor Partai Gerindra Abdya serta Balai Desa Kede Siblah, Kecamatan Blangpdie.

Setiap warga yang telah melakukan vaksinasi juga diberikan bingkisan berupa paket sembako. Gebrakan itu mendapat sambutan dari masyarakat, dibuktikan dengan ramai warga yang datang ke gerai vaksinasi untuk melakukan penyuntikan vaksin dosis pertama itu.

Syahril menilai kondisi tersebut menandakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Abdya untuk ikut vaksinasi sudah tumbuh dan patut diapresiasi.

"Ini patut kita berikan apresiasi kepada masyarakat Abdya, turnamen ini bukan hanya ajang mengejar prestasi, tapi juga salah satu upaya menyukseskan program pemerintah dalam mencapai target vaksinasi," kata Syahril.
 
Dokumentasi - Tim BOM-H berhasil menjadi juara dalam Turnamen DPRA Bersela Cup I di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. (ANTARA/HO)


Sementara itu, Wakil Ketua DPR Aceh Safaruddin mengatakan pihaknya sangat mendukung percepatan vaksinasi yang sedang digencarkan Pemerintah Aceh. Ia menilai vaksinasi sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam melawan virus corona.

Apalagi, Presiden RI Joko Widodo memerintahkan pada November 2021, cakupan vaksiansi di daerah Tanah Rencong itu minimal bisa mencapai 50 persen dan mencapai 70 persen hingga akhir 2021.

“Saya sangat mengapresiasi atas prestasi ini, gara-gara kita buat Barsela CUp di Aceh Barat Daya maka cakupan vaksinasi meningkat ketat. Ini prestasi dan menjadi contoh bagi kegiatan lain di Aceh Barat Daya maupun kabupaten/kota lain yang ada di Aceh,” kata Safaruddin.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021