Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe Provinsi Aceh, membagikan makanan tradisional khas Aceh, kanji rumbi untuk menu berbuka puasa secara gratis kepada masyarakat.

"Kita berikan secara gratis kepada masyarakat yang datang ingin mencicipi makanan tersebut. Baik yang datang berbuka puasa di Masjid Islamic Centre atau masyarakat yang datang mengambilnya pada sore hari menjelang berbuka puasa ke halaman masjid," kata Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya di Lhokseumawe, Selasa.

Pembagian Kanji Rumbi itu, dilakukan tiap sore menjelang waktu berbuka puasa kepada masyarakat yang datang. Makanan khas Aceh  itu, dimasak langsung di halaman masjid termegah di Kota Lhokseumawe dan dibungkus dalam plastik lalu dibagikan kepada masyarakat.

Apalagi, pada bulan Ramadhan menyediakan makanan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa merupakan suatu bentuk amalan. Selain itu juga untuk mengikat tali ukhuwah Islamiyah diantara sesama muslim, katanya.

Suadi mengatakan, dalam sehari sebanyak 1.000 porsi lebih kanji kumbi dibagikan kepada masyarakat yang datang dan ingin mencicipi makanan tersebut untuk berbuka.

Dia menjelaskan, kanji rumbi disediakan selama bulan Ramadan untuk menu berbuka, dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat untuk menyediakannya selama puasa.

Penyediaan kanji rumbi tersebut didanai oleh para donatur baik perorangan maupun dari sejumlah instansi swasta yang ada di Kota Lhokseumawe yang bekerja sama dengan pengurus Masjid Islamic Centre.

Dari pantauan, sebelum kanji rumbi matang, masyarakat sudah terlihat mengantre menunggu dibagikan makanan khas tersebut.

Kanji rumbi merupakan sejenis makanan seperti bubur ayam yang terdiri dari bahan-bahan beras yang sudah dicuci dan direndam, ayam, udang rebus, bawang goreng dan garam secukupnya.  

Untuk cita rasa, kanji rumbi dibumbui beberapa jenis rempah seperti ketumbar, merica, adas manis, pekak, kayu manis bawang merah, jahe dan biji pala.

Cara membuat kanji rumbi juga cukup mudah, pertama beras disangrai sampai kuning dan ditumbuk kasar. Lalu ayam dan beras direbus hingga ayam menjadi empuk dan beras menjadi bubur.

Didalam rebusan bubur tersebut, dimasukkan bumbu yang sudah dibungkus dengan kain tipis dan ditambah garam. Setelah matang dan bumbu meresap, dihidangkan dengan menabur ayam yang sudah dipotong-potong dan bawang goreng.

Di Aceh, kanji rumbi menjadi makanan khas berbuka selama Ramadan, biasanya warga berpatungan membuat kanji rumbi tersebut yang dipusatkan di mesjid-mesjid atau di meunasah (surau) serta dibagikan secara gratis kepada masyarakat tiap menjelang waktu berbuka puasa.

Pewarta: Pewarta : Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015