Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Aceh menegaskan bahwa pelaksanaan tour de Sabang (balap sepeda) tidak memungut biaya pendaftaran dari peserta se Indonesia (gratis), sejauh ini pendaftar melebihi target.

"Saya tegaskan sesuai rencana awal pelaksanaan event tour de Sabang tidak ada pungutan biaya, pendaftarannya gratis," Kabid P30 Dispora Aceh Teuku Bustamam dalam jumpa pers di Banda Aceh, Senin. 

Baca juga: Pemprov syaratkan peserta tour de Sabang wajib vaksinasi

Bustamam mengatakan, pada event tour de Sabang yang bakal dilaksanakan pada 26-28 November 2021 ini, Pemerintah Aceh mengakomodir semua kebutuhan terkait pelaksanaan kegiatan sesuai ketersediaan dana yang telah disesuaikan peruntukannya. 

"Bagi peserta dari luar daerah yang ingin mendaftar dengan register online juga dapat dilakukan secara gratis," ujarnya.

Baca juga: Event tour de Sabang berdampak baik untuk ekonomi warga

Kata Bustamam, event tour de Sabang tersebut merupakan program Pemerintah Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda yang merupakan impian dan uraian kerja Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh.

Sementara itu, Ketua ISSI Aceh Darwati A Gani mengatakan rencananya event sepeda ini dilaksanakan berskala internasional, namun tertunda karena masih pandemi COVID-19. Sehingga dilaksanakannya tour de Sabang tingkat nasional tersebut.

Baca juga: Event tour de Sabang untuk siapkan atlet sepeda Aceh menuju PON 2024

"Jika tour de Sabang terlaksana dengan baik tentu akan menjadi kebanggaan bagi Aceh," kata Darwati.

Dalam kesempatan ini, perwakilan event organizer (EO) tour de Sabang Muhammad Nagib mengatakan, mekanisme penyelenggaraan kegiatan tersebut dilaksanakan secara terbuka dan pendaftaran itu dapat diakses melalui situs www.tourdesabang.com.

Nagib menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait pengamanan dan lainnya. Sehingga persiapan event tour de Sabang hingga saat ini telah mencapai 90 persen. 

"Sementara untuk calon peserta yang telah mendaftar hingga saat ini sudah mencapai 365 peserta dari target sebanyak 300 pesepeda," katanya.

Nagib menyebutkan, adapun 365 peserta yang sudah mendaftar tersebut diantaranya untuk sepeda gunung atau mountain bike (MTB) sebanyak 160 peserta yang akan digelar pada 26 November 2021.

"Khusus untuk sepeda balap (road bike) yang terdaftar di kalender UCI gran fondo sebanyak 205 peserta yang dilaksanakan pada 27-28 November 2021," demikian Nagib.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021