Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh mensyaratkan semua peserta tour de Sabang (balap sepeda) wajib vaksinasi COVID-19. 

"Semua peserta diharapkan sudah melakukan vaksinasi, dan selalu menjalankan prokes COVID-19," kata Kasi Pembinaan Olahraga dan Prestasi Dispora Aceh Muksalmina di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Sulawesi Utara juara umum Sabang Open Diving Festival 2021

Untuk diketahui, Pemerintah Aceh segera melaksanakan event tour de Sabang 2021, kegiatan berskala nasional tersebut diselenggarakan pada 26-27 November 2021 di Kota Sabang.

Kegiatan itu juga telah terdaftar di PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat, karenanya event dengan target sebanyak 300 peserta tersebut dikategorikan pergelaran luar biasa di Aceh pada 2021.

Baca juga: Event tour de Sabang berdampak baik untuk ekonomi warga

Dirinya mengatakan, event tour de Sabang ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesehatan serta kebugaran seluruh atlet pesepeda se Indonesia. 

Jangan kemudian, kata Muksalmina, perhelatan tour de Sabang tersebut menimbulkan efek yang tidak baik, karena itu sangat diharapkan pesepeda mematuhi peraturan kesehatan COVID-19.

Baca juga: Event tour de Sabang untuk siapkan atlet sepeda Aceh menuju PON 2024

"Untuk vaksinasi ini sangat kita tekankan sekali, kita sangat berharap peserta patuh untuk hal demikian," ujarnya.

Muksalmina menyampaikan, terhadap peserta yang belum vaksin karena alasan kesehatan, maka harus memberikan penjelasan dan bukti tidak lulus skrining kesehatan untuk vaksinasi. 

Selain itu, Muksalmina menyatakan bahwa dalam event ini kepanitiaan juga menyiapkan tes swab antigen kepada peserta, hal itu dilakukan guna memastikan pesepeda benar-benar terbebas dari virus corona.

"Tes antigen juga kita siapkan, baik dari pelabuhan Banda Aceh maupun di Sabang untuk dipastikan peserta bebas COVID-19," katanya.

Muksalmina juga mengingatkan kepada peserta juga membawa perlengkapan kesehatan yang diperlukan, sehingga nantinya dapat menjaga kesehatan masing-masing selama kegiatan berlangsung.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021