Puluhan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lhokseumawe menjalani tes urine untuk memastikan apakah mereka menggunakan narkoba atau tidak.

Kepala Lapas Kelas IIA Lhokseumawe Nawawi di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan tes narkoba diikuti 55 pegawai lapas. Tes narkoba bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Lhokseumawe. 

"Tes urine ini untuk memastikan jangan sampai ada petugas terlibat penyalahgunaan narkoba. Alhamdulillah seluruh pegawai yang menjalani tes urine dinyatakan negatif atau bebas penggunaan narkoba," katanya. 

Menurut Nawawi, pemeriksaan urine yang dilakukan secara rutin tersebut adalah sebagai deteksi dini dan antisipasi penyalahgunaan narkoba di dalam lapas. 

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Lapas Lhokseumawe untuk selalu mengawasi dan mencegah penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika di lingkungan lapas," kata Nawawi.

Nawawi mengatakan, jika ada pegawai lapas dinyatakan positif atau menggunakan  narkoba dalam tes urine tersebut, maka akan langsung ditindaklanjuti dengan sanksi tegas.

"Kami mengingatkan semua petugas Lapas Lhokseumawe untuk bersama mencegah peredaran serta tidak terlibat penyalahgunaan narkoba," kata Nawawi. 
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021