Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara memfokuskan pendidikan daerah pedalaman guna mewujudkan pemerataan pembangunan di kabupaten tersebut.

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf di Aceh Utara, Sabtu, mengatakan fokus pendidikan daerah pedalaman juga untuk melahirkan sumber daya manusia berkualitas.
 
"Fokus ini juga untuk mewujudkan agar kualitas pendidikan antara perkotaan dengan pedalaman terjadi pemerataan. Dan ini juga untuk pemerataan kualitas sumber daya manusia," kata Fauzi Yusuf.

Menurut Wakil Bupati Aceh Utara, selama ini masih terjadi ketimpangan kualitas pendidikan antara perkotaan dengan daerah pedalaman atau terpencil.

Ketimpangan tersebut mengakibatkan kualitas pendidikan masyarakat pedalaman menjadi tertinggal dibandingkan perkotaan, kata Fauzi Yusuf menyebutkan.

Wakil Bupati Aceh Utara mengajak para pemangku kebijakan di kabupaten itu meningkatkan sinergitas dalam membangun dan mengembangkan pendidikan daerah pedalaman.

"Sinergitas para pemangku kepentingan seperti instansi pembina, sekolah, maupun masyarakat sangat diperlukan, sehingga pembangunan pendidikan tidak berjalan sendiri-sendiri," kata Fauzi Yusuf.

Selama ini, kata Fauzi Yusuf, upaya memajukan pendidikan daerah pedalaman dilakukan pelatihan tenaga pendidik maupun pembinaan komite sekolah.

"Kami juga mengingatkan penyelenggara pelatihan tidak melakukan kegiatan tersebut sebatas seremonial saja. Akan tetapi harus memiliki program lanjutan ke depannya, dengan begitu pemerataan pendidikan dapat terwujud," kata Fauzi Yusuf. 

Fauzi Yusuf mengatakan pihaknya terus mendorong Majelis Pendidikan Daerah (MPD) dan Dinas Pendidikan Aceh Utara dapat memberikan pemerataan pendidikan dan menciptakan generasi emas di masa mendatang.

"Pendidikan merupakan upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pemerataan pendidikan, khususnya fokuskan di kawasan terpencil atau pedalaman," kata Fauzi Yusuf.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021