Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh menyatakan sebanyak 27.250 orang di provinsi ujung barat Indonesia tersebut mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 yang digelar Polri.

Kepala Biro Operasi Polda Aceh Kombes Pol Agus Sarjito di Banda Aceh, Kamis, mengatakan jumlah warga yang mengikuti vaksinasi yang digelar Polri dari hari ke hari terus meningkat.

"Vaksinasi massal vaksin COVID-19 harian mencapai 27.250 orang. Ini menunjukkan antusias masyarakat mendukung upaya pemerintah mengakhiri pandemi COVID-19," kata Kombes Pol Agus Sarjito.

Kombes Pol Agus Sarjito mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 15.262 orang menerima vaksin COVID-19 dosis pertama, selebihnya menerima dosis kedua.

Sedangkan vaksinator yang melayani lebih 27 ribu lebih yang yang menerima vaksin COVID-19 tersebut mencapai 1.693 orang. Mereka terdiri 1.488 orang dari Dinas Kesehatan, 165 orang dari Polri, dan 40 orang dari TNI.

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menyukseskan program pemerintah menangani penyebaran dan penularan COVID-19," kata Kombes Pol Agus Sarjito.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy terus mengajak masyarakat yang belum menerima vaksin COVID-19, baik dosis pertama maupun kedua agar segera mendatangi gerai-gerai vaksinasi yang disiapkan Polri, TNI, maupun instansi lainnya.

Menurut Kombes Pol Winardy, vaksinasi vaksin COVID-19 merupakan program pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok serta upaya mentransmisikan status pandemi ke endemi.

"Tidak perlu ragu. Jangan terprovokasi dengan berita-berita hoaks dan tidak berdasar mengenai vaksin. Percayakan itu semua kepada pemerintah. Kita harus terus bergerak untuk keluar dari pandemi ini. Caranya dengan menciptakan kekebalan kelompok," kata Kombes Pol Winardy.

Kombes Pol Winardy juga mengingatkan masyarakat yang sudah divaksin tidak mengabaikan protokol kesehatan. Sebab, pandemi COVID-19 belum berakhir dan protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

"Tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumunan, serta sering mencuci tangan dengan antiseptik. Terapkan pola hidup sehat guna meningkatkan kekebalan tubuh," kata Kombes Pol Winardy.
 

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021