Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meminta Pemerintah Aceh dapat memberikan perhatian lebih terhadap kelestarian Danau Lut Tawar.

"Kami berharap Pemerintah Aceh memberi perhatian lebih untuk keberadaan Danau Lut Tawar, karena keberadaan Danau Lut Tawar ini merupakan salah satu Destinasi wisata unggulan bagi Aceh terutama bagi Kabupaten Aceh Tengah," kata Shabela Abubakar, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan, Perikanan, dan Perairan Umum Daratan Lingkup Provinsi Aceh yang digelar oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Aceh di Aula Hotel Grand Renggali Takengon.

Shabela juga berharap agar Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan juga turut memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan dan kelestarian perairan dalam daratan di Aceh pada umumnya dan di Kabupaten Aceh Tengah pada khususnya.

Koordinator Penasehat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Rokhmin Dahuri yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa penguatan dan pengembangan usaha perikanan budidaya di setiap Kabupaten dan Kota hendaknya berbasis komoditas unggulan lokal setempat, selain untuk upaya pelestarian juga sebagai usaha menjaga ekosistem pada habitat asalnya. 

"Untuk kabupaten kota non pesisir, komoditas spesies unggulannya adalah jenis-jenis ikan perairan tawar, seperti ikan nila, gurami, mas, patin, lele, baung, lobster air tawar, udang galah, dan ikan hias," kata Rokhmin.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021