Universitas Syiah Kuala menyatakan akan melaksanakan kuliah secara tatap muka atau luring mulai Senin, tanggal 17 Januari 2022.

“Keputusan kuliah tatap muka ini sesuai dengan Surat Rektor terkait Pelaksanaan Kuliah Semester Genap 2021/2022," kata Wakil Rektor I USK Prof Marwan di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan pelaksanaan kuliah secara tatap muka menyusul kondisi yang sudah semakin kondusif. Di mana saat ini status penanganan COVID-19 juga sudah level satu, sehingga sudah memungkinkan untuk kembali dilaksanakan perkuliahan secara tatap muka.

Prof. Marwan menilai, perkuliahan secara daring yang USK laksanakan selama ini ada kekurangan.

Ia memahami keputusan tersebut harus USK tempuh sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang beberapa waktu lalu kondisinya cukup memprihatinkan.

“Jadi kita berinisiatif semester genap ini kita mulai secara luring sepenuhnya, karena bagaimanapun juga, efektivitas pembelajaran secara daring ini tidaklah sama dengan luring, “ katanya.

Ia mengatakan USK juga telah menyiapkan segalanya sebaik mungkin untuk menyambut perkuliahan secara luring, baik dari segi sarana pembelajaran, maupun vaksinasi bagi sivitas akademika USK yang saat ini lebih 90 persen.

Prof. Marwan menjelaskan, keputusan kuliah secara luring ini termasuk pula di dalamnya kegiatan praktikum atau kegiatan sejenis.

Kemudian kegiatan sidang baik skripsi, tesis, disertasi ataupun seminar proposal sudah dapat dilaksanakan secara luring.

Prof Marwan menambahkan seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan di mana semua mahasiswa harus selalu menggunakan masker dan disarankan juga membawa hand sanitizer sendiri.

“USK akan terus memantau pelaksanaan kuliah secara luring ini. Kalau ternyata ada peningkatan kasus, maka kita akan evaluasi seperti tahun lalu,” katanya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022