Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menyalurkan paket bantuan alat dan bahan pengolahan hasil perikanan kepada dua kelompok nelayan di Kecamatan Trumon dalam upaya meningkatkan produksi dan pendapatan mereka.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan Cut Yusminar APi di Tapaktuan, Senin mengatakan, bantuan itu bertujuan menunjang kelancaran aktivitas kerja para nelayan pengolah hasil perikanan khususnya untuk pengolahan ikan asin di Kecamatan Trumon.

Cut Yusminar menyebutkan, paket bantuan sumber APBK 2015 adalah para-para 400 unit, garam 70 sak atau 3,5 ton, lori 10 unit, piber isi 200 liter 10 buah, keranjang ikan 40 buah, kuali aluminium 4 buah, kompor gas lengkap 4 set, pisau 20 buah serta ember dan timba 20 buah.

Selain bantuan tersebut, sambung Cut Yusminar, dalam kesempatan itu pihaknya juga berencana akan meresmikan pengoperasian gudang dan bangsal pengolahan hasil perikanan di Desa Keude Trumon, yang pembangunannya dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2014.

"Dengan telah tersedianya gudang dan bangsal serta alat dan bahan pengolahan hasil perikanan tersebut, kami mengharapkan kepada nelayan pengolah ikan di Trumon agar dapat meningkatkan hasil produksinya," ujar Cut Yusminar.

Disamping itu, pihaknya juga mengharapkan kepada nelayan setempat agar tidak lagi mengolah hasil perikanan di lokasi-lokasi pinggir jalan karena telah tersedia fasilitas bangunan bangsal dan gudang sebagai pusat tempat pengolahan perikanan.

"Kami meminta kepada nelayan agar mengolah hasil perikanan secara terpusat di bangsal yang telah disediakan. Dengan cara ini, diyakini akan mampu meminimalisir persoalan bau ikan yang menyengat selama ini di sepanjang pinggir jalan negara sehingga mengganggu pengguna jalan yang melintas. Tidak hanya itu, dengan cara seperti ini, hasil produksi pun lebih bersih dan terjamin karena tidak lagi diolah di tempat sembarangan," papar Cut Yusminar.

Dia mengatakan, program lain yang terus digalakkan oleh Pemkab Aceh Selatan adalah pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan pendaratan ikan serta pembagian kotak pendingin kepada para nelayan untuk mempertahankan kualitas ikan hasil tangkapan serta memudahkan para nelayan menambatkan kapal serta memudahkan menurunkan hasil tangkapan ikan.

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015